Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2023

Kompas.com - 09/06/2022, 16:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik dunia tahun 2023.

Lembaga ini, menilai sekitar 1.500 institusi perguruan tinggi dari seluruh dunia. Seluruh kampus yang di peringkat, berasal dari berbagai wilayah di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Ada 16 kampus Indonesia yang berhasil masuk ke pemeringkatan ini, 3 di antaranya adalah kampus swasta, yakni  Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan peringkat 1.001-1.200, Tekom University (Tel-U) di peringkat 1.001-1.200 dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di peringkat 1.201-1.400.

Berdasarkan kriteria penilaian QS, kampus dinilai sejumlah kriteria yang berbeda. Mulai dari reputasi akademik hingga jumlah siswa internasional yang terdaftar.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

Seluruh institusi dinilai dalam 8 kategori (indikator) untuk secara efektif menangkap kinerja universitas. Termasuk reputasi akademik dan pemberi kerja, rasio fakultas/mahasiswa, dan kutipan penelitian.

8 indikator yang digunakan dalam QS World University Ranking 2023 adalah sebagai berikut:

  • Academic Reputation
  • Employer Reputation
  • Citations per Faculty
  • Faculty Student Ratio
  • International Students Ratio
  • International Faculty Ratio
  • International Research Network
  • Employment Outcomes

Masing-masing indikator, melihat kinerja kampus atau institusi memberikan efek besar bagi dosen, mahasiswa, staf, dan kemajuan kampus itu sendiri.

QS mengumpulkan lebih dari 130.000 pendapat ahli dari ruang pendidikan tinggi, menciptakan survei pendapat akademis terbesar di dunia.

Baca juga: UGM, ITB, UI Jadi Kampus Terbaik Indonesia 2023, Peringkat Berapa di Dunia?

Termasuk, menilai bagaimana institusi mempersiapkan siswa untuk karier yang sukses, dan institusi mana yang menyediakan lulusan yang paling kompeten, inovatif, dan efektif.

Kualitas penelitian universitas, juga menjadi penilaian tersendiri. Misalnya, mengambil jumlah total kutipan akademik dalam makalah yang dihasilkan oleh universitas dalam periode lima tahun.

Universitas yang dinilai, ialah yang mendukung pembelajaran internasional tentu lebih mendapat nilai tinggi. Sebab hal ini menunjukkan kemampuan universitas untuk menarik siswa dan staf berkualitas dari seluruh dunia.

Termasuk, dengan menunjukkan komitmen pembelajaran internasional, maka dapat menyediakan lingkungan multinasional, membangun simpati internasional dan kesadaran global.

16 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings 2023

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  • Peringkat 231 dan Skor 40,2

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

  • Peringkat 235 dan Skor 39,5

3. Universitas Indonesia (UI)

  • Peringkat 248 dan Skor 38,7

Baca juga: 10 Kampus Indonesia dengan Kualitas Pengajaran Terbaik Versi QS 2023

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com