Kompas.com - 09/06/2022, 11:47 WIB
|

KOMPAS.com - Dibandingkan tahun lalu, Universitas Gadjah Mada (UGM) mengalami kenaikan peringkat pada 2022. Pada pemeringkatan perguruan tinggi terbaik dunia QS World University Ranking (QS WUR) 2023 yang dirilis pada Kamis (9/6/2022), peringkat UGM naik menjadi ke-231.

Hal ini merupakan kenaikan peringkat dibandingkan tahun lalu, yakni ke-254 dunia. Dengan demikian, untuk pemeringkatan di Indonesia, UGM menduduki peringkat pertama, disusul ITB di peringkat kedua dan UI di peringkat ketiga.

Menurut Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., tahun ini, terdapat 2.464 perguruan tinggi dunia yang mendapatkan penilaian. Adapun pemeringkatan dilakukan terhadap 1.422 perguruan tinggi yang memenuhi syarat.

Baca juga: Bau Sampah Hilang Pakai Cairan Buatan Mahasiswa UGM

Di Indonesia, terdapat 16 perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan QS WUR sehingga UGM menjadi universitas terbaik di Indonesia.

"Terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini mendukung UGM, ini adalah hasil dari usaha kita bersama. Hasil ini adalah satu langkah maju dalam upaya perbaikan dari UGM," ujarnya, dikutip dari laman UGM, Kamis (9/6/2022).

Meningkat setiap tahun

Ova mengatakan, sejak tahun 2014, UGM tercatat telah mengalami peningkatan 270 peringkat. Peningkatan itu terjadi hampir setiap tahun.

Karena itu, UGM terus meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma serta kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Di samping itu, UGM terus memperbaiki pengumpulan data dan pelaporan yang menjadi penting bagi rekognisi atas apa yang telah dikerjakan UGM.

Pihaknya terus memperbaiki pelaporan dan dokumentasi, serta program-program yang mendukung ketercapaian indikator juga terus digalakkan.

Baca juga: 14 Universitas Terbaik Versi THE Asia University Rankings 2022

Adapun tahun ini UGM masuk 17 persen perguruan tinggi terbaik dunia. Dalam penilaian ini, UGM secara konsisten mengalami peningkatan dari pemeringkatan tahun 2015 hingga 2023.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.