Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

STIP Jakarta Masih Buka Pendaftaran Calon Taruna, Ini Syaratnya

Kompas.com - 09/06/2022, 11:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pelajar yang belum berhasil lolos pada Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) jalur Pola Pembibitan (Polbit) di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta tidak perlu berkecil hati.

Sebab untuk program jalur mandiri masih terbuka lebar. Di mana gelombang pertamanya baru akan ditutup pada 15 Juli 2022, sedangkan gelombang kedua dibuka 16 Juli 2022.

Baca juga: 16 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2023, Nomor 1 UGM

"Kami mengundang putra dan putri terbaik Indonesia lulusan SMA atau sederajat untuk menjadi taruna dan taruni Diklat Perhubungan yang profesional di bidang transportasi melalui Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni Jalur Non Reguler Mandiri pada STIP Jakarta," ucap Ketua STIP Capt. Sudiono dalam keterangan resminya, Kamis (9/6/2022).

Pembukaan calon taruna dan taruni STIP Jakarta, kata dia, untuk memenuhi kebutuhan industri dan operator transportasi, khususnya di bidang maritim.

Dia menambahkan terkait Penerimaan Sipencatar di STIP Jakarta dengan jalur mandiri membuka tiga program studi (Prodi) yaitu, D4 Nautika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat dan SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika (yang telah di approved oleh Direkorat Jenderal Perhubungan Laut).

Lalu, ada Prodi D4 Teknika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga (yang telah di approved oleh Direkorat Jenderal Perhubungan Laut), SMK Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif.

"Dan juga dari SMA jurusan Teknik Elektronika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri dan Teknik Industri," ucap dia.

Kemudian ada Prodi D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

Baca juga: Pakar Hukum Unair Ungkap Alasan Negara Ganti Nama Seperti Turki

"Dengan persyaratan SMA/MA (IPA dan IPS) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan KPN, SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Managemen Perkatoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi dan Logistik," sebut dia.

Persyaratan jadi calon taruna dan taruni STIP Jakarta

Terkait persyaratannya, dia menyebutkannya sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Usia Maksimal 23 Tahun dan Minimal 16 Tahun pada 1 September 2022.

Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) calon taruna/Taruni Non Reguler Mandiri: Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10)/70,00 (skala penilaian 10-100)/2,8 (skala penilaian 1-4).

3. Tinggi Badan:

  • Pria 160 cm
  • Wanita 155 cm

4. Berbadan sehat.

5. Tidak cacat fisik dan mental

6. Bebas HIV/AIDS dan bebas narkoba.

Selain itu, calon taruna dan taruni STIP Jakarta harus memiliki ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik persial maupun total dengan melampirkan surat pernyataan tidak buta warna pada saat pendaftaran.

Baca juga: Ikut Jalur Mandiri S1 UGM 2022? Intip 10 Prodi Terketat Tahun Lalu

"Dan belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Peruhubungan (Kemenhub)," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com