Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kualitas Guru di Aceh, Eduversal Kembali Gelar Program DTP

Kompas.com - 03/06/2022, 16:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Setelah sukses dengan program Development of Teaching Proficiency (DTP) di Medan pada 17-20 Mei 2022, Yayasan Eduversal Indonesia kembali menggelar program serupa di Aceh.

DTP adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para guru dan kepala sekolah.

Acara ini merupakan implementasi dari Program Organisasi Penggerak (POP) yang dicanangkan oleh Kemendikbud Ristek dalam Program Merdeka Belajar episode keempat.

Program DTP dari Yayasan Eduversal Indonesia di Aceh diselenggarakan pada 23-25 Mei 2022 dan diikuti oleh 10 sekolah partisipan. Mereka terdiri dari 10 kepala sekolah dan 20 peserta guru dengan mengambil lokasi di sekolah Fatih Bilingual School, Banda Aceh.

Dalam pembukaan program DTP, Kepada Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri berharap konsep Merdeka Belajar yang dicanangkan pemerintah dapat diaktualisasikan melalui Program Organisasi Penggerak (POP).

“Salah satunya dengan program DTP ini, kita harap dapat lebih meningkatkan kualitas guru-guru di Aceh," ungkap Sulaiman Bakri.

Dalam kesempatan sama, Penanggung Jawab Program DTP Aceh, Biadelma Nanda Illiandi menjelaskan, DTP membantu para guru menguasai materi dan teknik mengajar secara lebih komprehensif, sistematis dan up to date serta fokus kepada kebutuhan siswa masa kini.

Ia menambahkan, DTP sebagai implementasi dari Program Organisasi Penggerak (POP) diselenggarakan dari bulan Mei hingga Oktober 2022.

Program DTP Yayasan Eduversal Indonesia terdiri dari Development of Teaching Proficiency, Mastery atau Diseminasi, Supervisi hingga tahap akhir yaitu Appraisal.

"Harapannya, DTP tidak hanya menjadi teori semata, namun juga dapat dengan baik diterapkan di sekolah masing-masing," ungkap Biadelma Nanda.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Daftar Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud 2022

Biadelma juga menambahkan, melalui kegiatan ini para peserta akan diarahkan untuk menghasilkan beberapa portofolio yang dapat dipajang dan dipresentasikan seperti:

  • Langkah-Langkah Mempersiapkan Project Based Learning
  • Struktur Utama Project Based learning, serta
  • Rancangan Pembelajaran untuk menerapkan metode Project Based Learning.

“Sangat membantu. Program ini sangat bagus dan bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran,” ungkap Erna Megawati salah seorang Peserta DTP Aceh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com