Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Presentasi Power Point Menarik, Mahasiswa Wajib Coba

Kompas.com - 30/05/2022, 12:45 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Selama berkuliah, mahasiswa lekat kaitannya dengan aktivitas presentasi. Selain membutuhkan teknik publik speaking yang bagus, materi presentasi nan menarik turut pula menjadi penentu.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Radiologi (Hima Radiologi) Universitas Airlangga (Unair) menggelar webinar mentoring radiology intensive (MRI) bertajuk Plant It Make It Preparation to Create Extraordinary Things, Do Now to Make It Happen.

Menggandeng trainer handal, Dony Firmansyah, webinar membahas materi pembuatan slide PPT yang menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

1. Menarik secara visual

Menurut Dony , dalam pembuatan PPT, terdapat dua hal yang harus dipahami. Apa yang kita lihat dan apa yang bakal kita baca sebagai kunci menampilkan presentasi yang baik.

Dony mengatakan, manusia lebih menyoroti visualisasi yang memiliki tingkatan-tingkatan. Ia menambahkan, setidaknya terdapat empat tingkatan visualisasi, yakni gambar bergerak, gambar, angka, dan yang paling rendah adalah tulisan.

2. Kiat memilih jenis tulisan

Pemilihan font atau huruf juga menjadi kunci penting dalam pembuatan slide PPT menarik. Memadankan beberapa jenis huruf akan membuat slide PPT makin hidup.

Beberapa tiga golongan font yang harus diketahui, antara lain serif, sans serif, dan decorative. Ketiga font tersebut memiliki fungsi dan karakteristiknya masing-masing.

Font serif identik dengan jenis font yang tegas, sedangkan font sans serif memiliki karakteristik cenderung simpel dan mudah untuk dibaca. Sementara, font decorative memiliki variasi yang bermacam-macam, seperti miring atau berlekuk-lekuk.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

“Pilihlah jenis font yang simpel dan enak untuk dilihat agar presentasi kian menarik. Hindari font yang memiliki lekukan untuk bagian subjudul maupun bagian konten,” ucapnya pada acara yang berlangsung pada 22 Mei 2022.

Dengan banyaknya jenis font tersebut, Dony turut menyampaikan bahwa sebaiknya dalam setiap slide PPT maksimal penggunaan jenis font dibatasi hanya tiga jenis saja.

“Dalam pembuatan PPT maksimal gunakan tiga jenis font saja, jangan berlebihan. Misalnya judul menggunakan font decorative dengan tebal serta ukuran yang lebih besar. Kemudian untuk subjudul menggunakan font sans serif, dan untuk content gunakanlah jenis font serif,” ujarnya.

Bila ketiga kategori font digunakan dan diletakkan sebagaimana mestinya, tentunya akan menambah menarik slide PPT yang dibuat. Selain itu, buat variasi lainnya dengan tips mengetahui karakteristik golongan font tersebut.

Baca juga: Pertamina Foundation Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan

Dony turut memberikan tips mudah memadankan font dengan mengunjungi aplikasi yang tersedia di browser. Salah satunya melalui fontjoy yang menyediakan padu padan font secara gratis. Website ini memudahkan pengguna agar tidak susah melakukan pemilihan jenis font satu persatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com