Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Akun Belajar.id, 31 Persen Guru SD Belum Mengaktifkan

Kompas.com - 16/04/2022, 11:48 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemendikbud Ristek, Dr. Muhamad Hasan Chabibie, S.T., M.Si., menyatakan bahwa 31 persen guru SD belum mengaktifkan akun belajar.id.

Hal itu karena berdasarkan data per 1 April 2022, baru 69 persen guru sekolah dasar yang sudah mengaktifkan akun belajar.id. Jadi, sisanya tidak mungkin pemilik akun bisa memanfaatkan akun belajar.id tanpa mengaktifkannya terlebih dahulu.

"Kondisi ini cukup memprihatinkan. Akun pembelajaran ini disediakan untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar," ujarnya dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: 5 Kegiatan Kreatif di Bulan Ramadhan bagi Siswa SMP

Melalui akun belajar.id, pemilik akun bisa mengakses berbagai platform dari Kemendikbud Ristek. Tapi ternyata masih banyak guru yang belum memanfaatkannya.

Data itu diungkapkan Muhamad Hasan Chabibie di hadapan ratusan pejabat dinas pendidikan kabupaten dan kota yang hadir dalam Rapat Koordinasi Teknis Direktorat Sekolah Dasar Regional III yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, 11-14 April 2022.

Tak hanya guru yang belum semuanya mengaktifkan akun belajar.id, tapi juga tenaga administrasi sekolah dan murid.

Hanya 61 persen tenaga administrasi sekolah dasar yang sudah mengaktifkan akun belajar.id. Sedangkan murid SD yang sudah mengaktifkan akun pembelajaran ini hanya 20 persen.

"Kalau murid SD kita bisa memahami karena tidak semua anak-anak itu sudah memiliki handphone atau laptop. Tapi kalau guru belum mengaktifkan akun belajar.id, ini yang perlu kita dorong terus agar mereka segera mengaktifkan," terangnya.

Kapusdatin Kemendikbud Ristek juga mengatakan, angka 31 persen guru dari total 149 ribu lebih sekolah dasar di seluruh Indonesia itu besar sekali jumlahnya.

Karenanya, ini perlu upaya sungguh-sungguh dari semua pihak, terutama dinas pendidikan kabupaten dan kota untuk mendorong para guru segera mengaktifkan akun belajar.id.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa

Sebab, dunia pendidikan harus beradaptasi dan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini untuk kemajuan pendidikan anak-anak bangsa.

"Kalau para guru tidak mau beradaptasi dengan arus perubahan ini, mereka akan tertinggal. Dan pada akhirnya yang dirugikan adalah murid," tuturnya lagi.

Sesuai dengan namanya, akun belajar.id merupakan akun yang secara khusus untuk memberikan kemudahan dalam melaksanakan pembelajaran.

Penggunaan akun belajar.id akan secara langsung tersinkronisasi terhadap berbagai aplikasi pendukung pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru dan siswa, misalnya:

  • g-form
  • google classroom
  • google meet
  • google drive
  • dan lain sebagainya

Sedangkan untuk langkah masuk ke akun belajar.id ialah:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com