Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klitih Jogja Kembali Terjadi, Kadisdikpora DIY: Siap Gandeng TNI untuk Bina Pelajar

Kompas.com - 05/04/2022, 09:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Aksi kejahatan jalanan yang dilakukan remaja di wilayah Yogyakarta atau biasa disebut klitih kembali terjadi.

Bahkan hingga menimbulkan korban jiwa salah satu pelajar kelas XI dari SMA swasta di Yogyakarta.

Kejadian terjadi pada Senin (4/4/2022) pagi di Jalan Gedongkuning Kota Yogyakarta. Korban diserang oleh orang tak dikenal.

Baca juga: Sosiolog Kriminal UGM: Pencegahan Klitih dengan Cara Ini

Menanggapi kejadian itu, Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya mengatakan bahwa pihaknya punya program pembinaan terhadap pelajar.

Tentu bagi pelajar yang dinilai berpotensi atau telah melakukan kenakalan remaja, sehingga harus berhadapan dengan hukum.

Gandeng TNI beri materi wawasan kebangsaan

Disdikpora DIY menggandeng TNI untuk memberikan materi terkait wawasan kebangsaan. Dengan harapan partisipan bisa lebih terbuka wawasan kebangsaannya.

"Kira-kira dilakukan selama seminggu. Tujuannya bukan menghukum, tidak ada kaitannya dengan sanksi tapi bagian dari proses mengembalikan supaya mereka bisa masuk ke sekolah lagi," terang Didik, Senin (4/4/2022).

Tak hanya itu saja, pihaknya juga tengah menginventarisasi beberapa anak yang contohnya masuk Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan lainnya.

Baca juga: Dosen UGM Jelaskan Sejumlah Upaya untuk Menangani Klitih di Yogyakarta

Sedangkan untuk jumlah partisipan, Didik belum dapat memastikan karena untuk yang menentukan berasal dari rekomendasi masing-masing sekolah.

Tentu, hal itu karena sekolah yang lebih mengetahui kondisi siswa atau peserta didiknya sendiri.

Didik Wardaya juga menjelaskan bahwa kembali digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas secara penuh dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah juga dapat meredam aksi klitih.

Ini karena kegiatan di sekolah bisa menjadi sarana untuk menyalurkan energi positif dari pelajar.

Pentingnya peran orangtua

Meski demikian, peran orangtua sangat penting dalam memantau aktivitas anaknya di rumah.

"Peran serta orang tua juga penting untuk memantau aktivitas anaknya dan bagaimana sekolah berkomunikasi dengan orang tua. Kegiatan yang dijalankan di sekolah tentu harus diketahui di rumah. Jadi jangan sampai anak mengambil aktivitas sendiri," terangnya.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa

Sementara itu terkait aksi klitih Jogja, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Hal itu karena semua sudah masuk ke ranah hukum pidana.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Marak Aksi Klitih di DI Yogyakarta, Disdikpora DIY Gandeng TNI untuk Bina Pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com