Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof. Fathul Wahid Terpilih Jadi Rektor UII Periode 2022-2026

Kompas.com - 10/03/2022, 18:09 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Prof. Fathul Wahid kembali melanjutkan kepemimpinan sebagai Rektor di Universitas Islam Indonesia (UII) untuk periode 2022-2026.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Ketetapan Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII Periode 2022-2026, No. 11/SK-PP/III/2022 Tentang Penetapan Rektor Terpilih UII Periode 2022-2026.

Baca juga: Kuliah Disetop, Ini Kronologi Konflik Dosen SBM dengan Rektor ITB

Sebelumnya, Panitia Pemilihan telah mengajukan tiga nama Calon Rektor, hasil dari pemilihan oleh Senat Universitas, ke Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII, yakni Prof. Fathul Wahid, Prof. Riyanto, dan Dr. Ilya Fadjar Maharika.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII Periode 2022-2026, Masduki mengungkapkan rasa syukurnya pemilihan Rektor UII secara umum dapat berjalan dengan lancar, seluruh tahapan pemilihan sejak di Fakultas hingga Senat Universitas berlangsung dengan baik.

Selain itu, keterlibatan atau partisipasi dari sivitas akademika UII cukup tinggi, yakni 85 persen di tingkat pemilih umum dan 80 persen di Senat.

"Saya kira yang paling penting adalah bahwa proses pemilihan Rektor kali ini lebih bernuansa kolaboratif dan mencerminkan kedewasaan para pihak seperti kontestan (calon rektor), juga pimpinan universitas, fakultas, badan wakaf dan seluruh sivitas akademika," kata dia melansir laman UII, Kamis (10/3/2022).

Menurut dia, proses demokrasi di kampus dalam memilih pemimpin itu adalah hal yang biasa dan reguler.

"Kebetulan kita setiap empat tahun mendapatkan hajatan seperti ini. Hal itu kita harapkan menjadi satu tradisi yang berlangsung dengan penuh kolaboratif," jelas dia.

Lanjut Masduki menyampaikan, pemilihan Rektor UII telah melalui tahapan yang cukup panjang, dimulai sejak Oktober 2021.

Baca juga: Pemilu Ditunda, Pakar Unair: Berakibat Buruk dan Panjang

"Alhamdulillah berdasarkan aspirasi dari fakultas, universitas, Senat universitas, maka Yayasan Badan Wakaf selaku lembaga tertinggi di UII menunjuk satu nama sebagai rektor terpilih, yaitu Prof. Fathul Wahid yang secara resmi sudah ditetapkan oleh panitia selaku KPU," sebut dia.

Masduki menuturkan, pemilihan Rektor UII tahun ini juga telah mampu merekam berbagai gagasan selama penyelenggaraan.

Khususnya, selama penyampaian rencana aksi, baik itu dari lima calon rektor, panelis lintas perguruan tinggi dan gagasan yang berkembang di media sosial.

"Kita selaku penyelenggara berharap seluruh gagasan ini dapat diekstrak kemudian menjadi warna utama bagi kepemimpinan UII ke depannya," jelas dia.

Berkenaan kendala yang dihadapi dalam proses pemilihan, menurut Masduki adalah pandemi Covid-19.

Sebab, panitia pemilihan harus menyediakan langkah-langkah antisipasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com