Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lowongan Kerja Jepang bagi Lulusan D3/D4/S1

Kompas.com - 10/03/2022, 14:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang berminat bekerja di luar negeri khususnya negara Jepang, maka bisa mencoba lowongan kerja yang satu ini.

Pemerintah kini telah membuka program G to G (government to government) ke Jepang. Ini adalah kerja sama antara pemerintah Indonesia dan tempat penempatan kerja, salah satunya negara Jepang.

Melansir akun Instagram Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Jumat (4/3/2022) melalui Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), program G to G ke Jepang dibuka mulai 1 Maret hingga 31 Juni 2022. Posisi yang dibuka adalah nurse dan careworker.

Baca juga: Lowongan Kerja Mitsubishi bagi Fresh Graduate, Tertarik Daftar?

Namun, posisi yang tanpa pengalaman kerja ialah careworker. Adapun pendaftaran program G to G ke Jepang ini dikhususkan bagi lulusan D3/D4 atau S1 Keperawatan.

Tapi untuk lulusan non-keperawatan juga tetap bisa mendaftar, asalkan punya sertifikat kepelatihan keahlian pada bidang yang dibutuhkan.

Usai melewati serangkaian proses program ini. Pemerintah nantinya akan memberangkatkan peserta yang lolos ke Jepang pada 2023.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek langsung dari tautan bit.ly/gtogjepang2023

Careworker atau Kaigofukushishi

Persyaratan:

1. Usia maksimal 35 tahun per 30 Juni 2022

2. Pendidikan D3/D4/S1 Keperawatan. Atau, D3 nonkeperawatan ditambah dengan sertifikat careworker dari lembaga pelatihan.

3. Scan surat persyaratan bersedia ditempatkan sebagai careworker (kaigofukushishi) di Jepang. Ditandatangani di atas materai Rp 10.000, ditulis manual atau diketik menggunakan komputer.

Baca juga: 75 Lowongan Kerja Dosen Tetap ITS, Tertarik?

Cara daftar:

Jika kamu tertarik dengan lowongan kerja Jepang ini, maka bisa mendaftar secara online di https://siskop2mi.bp2mi.go.id/

Namun dengan diawali membuat akun SISKOP2MI dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com