Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per 1 Maret, Unpad Buka Jalur Mandiri S1 dan Sarjana Terapan

Kompas.com - 06/03/2022, 15:07 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri dan Program Sarjana Terapan, mulai 1 Maret hingga 27 Juni mendatang.

Informasi pendaftaran SMUP Unpad S1 Jalur Mandiri dan Sarjana Terapan dapat dilihat pada laman http://smup.unpad.ac.id/.

Baca juga: SNMPTN 2022 Ditutup, Ini 15 PTN Penerima Terbanyak Peserta di 2021

Ketua Panitia SMUP Unpad, Anas menjelaskan, persentase kuota penerimaan S1 Jalur Mandiri Unpad adalah sebesar 40 – 50 persen dari total daya tampung keseluruhan.

Seleksi S1 Jalur Mandiri Unpad terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia lulusan SMA, Madrasah, SMK, atau sederajat dengan tahun kelulusan dari 2020, 2021, dan 2022.

"Untuk lulusan 2020, 2021, dan 2022 silakan bisa mendaftar. Seleksinya nanti dilakukan setelah pengumuman SBMPTN," kata dia melansir laman Unpad, Minggu (6/3/2022).

2 skema S1 Jalur Mandiri Unpad

Ada dua skema seleksi S1 Jalur Mandiri Unpad.

Skema pertama menggunakan nilai UTBK tahun 2022. Sedangkan skema kedua menggunakan nilai SMUP.

"Setiap pendaftar hanya dapat memilih satu skema seleksi," ucap dia

Khusus untuk skema UTBK hanya diikuti oleh pendaftar lulusan 2022. Sementara skema SMUP dapat diikuti oleh lulusan tahun 2020 hingga 2022.

Baca juga: Ikut SBMPTN 2022? Ini 10 Prodi Saintek dan Sohum Unair Paling Diminati

"Pendaftar diwajibkan pilih satu. Satu PIN hanya untuk satu skema. Jika pendaftar mau pilih dua skema, terpaksa harus mendaftar dua kali," ujar dia.

Anas melanjutkan, untuk skema UTBK, pendaftar wajib terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti UTBK SBMPTN 2022 yang rencananya digelar dalam dua gelombang di bulan Mei-Juni 2022.

Penentuan seleksi pada skema ini murni didasarkan pada hasil UTBK.

Selain itu, pendaftar di skema UTBK hanya bisa memilih program studi yang sesuai dengan rumpun/kelompok ujian yang dipilih.

Sebagai contoh, ketika peserta mengikuti UTBK kelompok saintek, maka yang bersangkutan hanya dapat memilih program studi di kelompok saintek.

Sementara untuk skema SMUP, ujian menggunakan materi Tes Kompetensi Akademik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com