Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Tips Lolos Program Magang Bersertifikat Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 03/03/2022, 14:01 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan peluang bagi para mahasiswa bisa mendapat banyak pengalaman tidak hanya di bangku perkuliahan. 

Dikemas dalam program Kampus Merdeka, mahasiswa kini bisa menambah wawasan mereka dengan terjun langsung ke lapangan dan industri kerja.

Berbagai program dalam Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek ini dinilai menjadi win-win solution untuk melahirkan talenta terbaik.

Para mahasiswa bisa memanfaatkan berbagai program ini agar menambah pengalaman dan mendukung saat mencari pekerjaan di masa yang akan datang.

Baca juga: Diresmikan Juni 2022, Ini Koleksi dan Keunikan Kebun Raya Itera

Manfaat ikut program MSIB Kemendikbud Ristek

Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Elvira Gosal membagikan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti Program Magang dan Studi Independen Berserti?kat (MSIB).

Mahasiswa angkatan 2019 ini membagikan tips dan perencanaan yang bisa disiapkan bagi rekan mahasiswa yang ingin mencoba untuk mengikuti program Kampus Merdeka tersebut.

Elvira kini menjalankan programnya di PT Global Digital Niaga menuturkan berbagai benefit yang didapat selama mengikuti program tersebut.

Mulai dari pelatihan praktis oleh mentor profesional hingga mengasah kemampuannya untuk menganalisis sumber daya sebagai solusi atas sebuah masalah.

"Tentunya saya mendapatkan beberapa hal yang akan menunjang perjalanan karier saya setelah jenjang perkuliahan nanti. Selain itu juga memperluas jaringan relasi dengan teman-teman intern lainnya," terang Elvira yang bertugas sebagai Social Media & Content Writer Intern seperti dikutip dari laman Unpar, Kamis (3/3/2022).

Baca juga: Polandia Jadi Opsi Terbaik Evakuasi WNI dari Ukraina Kata Pakar Unair

Tips lolos Magang Bersertifikat Kemendikbud Ristek

Elvira juga berbagi tips bagi teman mahasiswa lainnya agar lolos seleksi dalam program MSIB batch selanjutnya, yaitu:

1. Jangan takut untuk memulai dan percaya pada kapabilitas diri sendiri. Tentunya dibarengi dengan persiapan yang matang dan rasa ingin tahu yang besar.

2. Kenali potensi dan tentukan target. Dalam proses seleksi, tunjukkan kapabilitas diri, baik secara teknikal maupun soft skill.

3. Jangan ragu mencari mentor dan meminta bimbingan dari mereka yang sudah berpengalaman di program ini.

Elvira menambahkan agar lolos seleksi, ada beberapa hal juga yang perlu dipersiapkan mahasiswa.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 ITS Jalur UTBK SBMPTN 2022 dan Jalur Mandiri

Bantu mempersiapkan mahasiswa terjun ke dunia kerja

Mahasiswa bisa mempersiapkan berkas-berkas seperti CV, sertifikat pencapaian, surat rekomendasi, dan segala keperluan yang sudah diinformasikan melalui website Kampus Merdeka.

"Di sisi lain, kamu perlu menyiapkan mental untuk terjun dan berkontribusi langsung ke dalam dunia pekerjaan. Ingat tujuan awal kamu untuk mau mencari pembelajaran baru dan jadikan ini sebagai motivasi dalam menjalani program," terang Elvira.

Elvira mengungkapkan, berdasarkan pengalaman yang telah ditempuh, edukasi merupakan hal yang penting dalam menunjang kehidupan sebagai mahasiswa. Di sisi lain, edukasi secara formal belum cukup untuk membuka perspektif baru mengenai dinamika kehidupan saat ini.

Program MSIB merupakan 2 program berbeda, yakni Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Dalam program Magang Bersertifikat, mahasiswa bekerja di mitra Kemendikbud Ristek selama 1-2 semester penuh.

Baca juga: Menko PMK: Bebas Stunting, 2045 Indonesia Dinahkodai Generasi Unggul

Selain itu, uang saku dan biaya hidup selama magang akan disubsidi oleh Kemendikbud Ristek. Mahasiswa juga akan menerima sertifikat kompetensi dari perusahaan setelah selesai magang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com