Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kuota UNJ Tahun 2022 dari Sosialiasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Kompas.com - 26/02/2022, 08:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mulai melakukan sosialisasi informasi penerimaan mahasiswa baru 2022 pada Jumat, 25 Februari 2022. Acara dilaksanakan secara daring melalui kanal YouTube Edura TV dan Zoom Live streaming.

Sosialisasi informasi menghadirkan dua narasumber yakni, Prof. Budi Prasetyo Widyobroto, Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Prof. Suyono Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ.

Dalam acara yang dimoderatori Agung, Kepala kantor Admisi UNJ, dijelaskan Daya Tampung Mahasiswa Baru Program Sarjana UNJ 2022 untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 25 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 45 persen, dan Seleksi Mandiri sebesar 30 persen.

“Bagi masyarakat yang ingin mengetahui seputar penerimaan mahasiswa baru UNJ tahun 2022, dapat mengakses media sosial dan website Penmaba UNJ maupun bertanya langsung kepada Humas dan Informasi Publik UNJ," pesan Heryanti Utami, Kepala Humas dan Informasi Publik UNJ.

Dalam kesempatan sama, Prof. Suyono Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ menyampaikan informasi di tahun 2022 UNJ akan menerima 5.040 calon mahasiswa baru jenjang sarjana melalui tiga jalur yaitu, SNMPTN, SBMPTN, dan Penmaba Mandiri.

"Jumlah program studi dibuka sebanyak 62 program studi terdiri atas 19 rumpun saintek (sanis dan teknologi) dan 43 rumpun soshum (sosial dan humaniora)," ungkap Prof. Suyono.

Prof. Suyono menambahkan, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN dikelola oleh LTMPT di mana UNJ terlibat sebagai salah satu pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Untuk pelaksanaan UTBK di UNJ, kami menyediakan 1.100 komputer. Adapun lokasinya ada di kampus Rawamangun dan di sekolah-sekolah mitra yang terdekat dari kampus UNJ," jelasnya.

"Untuk Penmaba Mandiri UNJ, ujian tulisnya akan diadakan pada tanggal 16 Juli 2022 setelah pengumuman SBMPTN. Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat di penmaba.unj.a.c.id," ucap Prof. Suyono.

Baca juga: UM Buka 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru, Terbanyak Seleksi Mandiri

Pada kesempatan acara ini, Prof. Budi Prasetyo Widyobroto selaku Direktur Eksekutif LTMPT menyampaikan pihaknya senang bahwa UNJ turut aktif dalam mensosialisasikan info terkait penerimaan mahasiswa baru.

"Acara ini tentu sangat membantu masyarakat dalam mencari informasi mengenai UNJ, dan UNJ menjadi salah satu PTN yang paling banyak pendaftaran seleksinya," ujar Prof. Budi Prasetyo Widyobroto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com