Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Institut Teknologi PLN Buka Beasiswa Kuliah Penuh-Parsial 2022

Kompas.com - 06/01/2022, 10:24 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi PLN (IT PLN) membagikan beasiswa penuh dan parsial 2022 melalui ajang beasiswa Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Beasiswa akan disalurkan untuk siswa dengan skor terbaik dan lulus tes seleksi.

IT PLN merupakan pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero). Kampus ini fokus di bidang energi dan ketenagalistrikan.

Beberapa fakultas yang ada di IT PLN yakni Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Fakultas Telematika Energi, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi, Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, dan Program Pascasarjana.

Quipper Scholarship Award (QSA) sendiri merupakan ajang kompetisi untuk memperebutkan beasiswa dari berbagai kampus ternama di Indonesia.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jurusan Psikologi UI, UGM, Unpad, Unair, Undip

Ajang QSA membagikan beasiswa senilai total miliaran rupiah untuk ratusan siswa di Indonesia dalam bentuk partial scholarship (beasiswa sebagian) hingga full scholarship (beasiswa penuh).

Berikut informasi seputar beasiswa yang ditawarkan IT PLN melalui beasiswa QSA 2022:

Cakupan

IT PLN akan membagikan beasiswa full dan parsial senilai total Rp 148,3 juta untuk 6 orang pada ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Beasiswa akan disalurkan untuk siswa dengan skor terbaik dan lulus tes seleksi.

Beasiswa terdiri dari:

  • Biaya Kuliah 100 hingga lulus (beasiswa ful[l) sebesar Rp 93,3 juta untuk 1 orang
  • Potongan uang pangkal (beasiswa parsial) untuk 5 orang masing-masing sebesar Rp 11 juta

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Calon Mahasiswa Cek

Apabila penerima beasiswa karena 1 atau 2 hal mengajukan pengunduran diri, maka siswa harus mengirimkan surat pengunduran diri dan akan digantikan dengan alternatif siswa yang berhak menerima beasiswa.

Jika pengunduran diri dilakukan setelah penandatanganan kontrak beasiswa, maka siswa harus membayar denda (sebesar 2 (dua) kali dari nilai beasiswa yang diberikan kepada kampus.

Persyaratan

1. Siswa yang berada di kelas 12 SMA/SMK/MA/setara.

2. Memenuhi kualifikasi untuk program S1.

3. Nilai rata-rata rapor minimal adalah 7,5.

Selain persyaratan khusus dari masing-masing kampus, berikut ini adalah persyaratan umum untuk mengikuti Quipper Scholarship Award (QSA):

  1. Mengisi form registrasi Quipper Scholarship Award 2022.
  2. Informasi mengenai proses seleksi hingga pengumuman akan dikirimkan melalui email setelah pendaftaran ditutup. Oleh karena itu, pastikan kamu mencantumkan alamat email yang aktif.
  3. Mengikuti tes online di Quipper.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Info pendaftaran

  • Pendaftaran: 3 Januari-18 Maret 2022
  • Tes beasiswa: 21 Maret-1 April 2022
  • Seleksi lanjutan: 25 April-6 Juni 2022

Informasi lengkap dapat dilihat melalui laman https://campus.quipper.com/scholarships/beasiswa-institut-teknologi-pln-it-pln 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com