Kompas.com - 06/01/2022, 08:26 WIB
|

KOMPAS.com - Menentukan jurusan kuliah itu tidak mudah. Karena harus sesuai dengan minat, bakat serta cita-cita ke depannya nanti. Selain itu, calon mahasiswa juga harus paham apa prospek kerja saat lulus kuliah.

Bagi yang tertarik kuliah D4, tentu harus mengetahui seluk beluknya. Tapi, apa itu D4? Apakah sama dengan S1?

Melansir laman Universitas Gadjah Mada (UGM), di UGM ada Sekolah Vokasi (SV). SV UGM adalah salah satu dari 18 fakultas di UGM yang menyelenggarakan program sarjana terapan.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Ini yang Harus Dilakukan jika Omicron Datang

SV UGM adalah pendidikan tinggi vokasi seperti politeknik, yang berada di dalam tata kelola Universitas Gadjah Mada (UGM). SV UGM memiliki keunggulan dibandingkan pendidikan tinggi vokasi yang lainnya.

Visi dan misi UGM memberikan karakter pada sistem pembelajaran dengan mekanisme sistem penjaminan mutu internal yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh dunia kerja/industri.

Selain itu, posisi strategis dan potensi SV UGM telah banyak menarik partner kerja sama, baik dari dalam maupun luar negeri.

Keunggulan sekolah vokasi

Sarjana terapan memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki lulusan S1:

1. Mendapat Sertifikat Kompetensi

Ketika lulus, mahasiswa sarjana terapan tidak hanya mendapatkan ijazah saja. Mereka secara langsung juga mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Hal itu pun memberikan nilai tambah mahasiswa sarjana terapan ketika akan mendaftar pekerjaan. Sebab, mereka tidak perlu lagi susah payah mencarinya sendiri.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah dari Warek Unpad

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.