Kompas.com - 08/12/2021, 09:34 WIB
16 tipe kepribagian berdasarkan Myers Briggs Type Indicator (MBTI) 16 tipe kepribagian berdasarkan Myers Briggs Type Indicator (MBTI)

KOMPAS.com - Sebentar lagi, proses penerimaan mahasiswa baru 2022 akan segera berlangsung. Saatnya calon mahasiswa mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih.

Pertimbangan pilihan jurusan kuliah bisa dilakukan berdasarkan minat dan bakat, lokasi kampus, biaya kuliah, hingga prospek karier yang akan kamu geluti di masa depan.

Kamu juga bisa mencoba sejumlah tes kepribadian, salah satunya Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang bisa diakses gratis. MBTI menjadi salah satu tes kepribadian yang paling populer, membagi kepribadian manusia menjadi 16 jenis.

Diperkirakan, setiap tahunnya sebanyak 1,5 juta orang melakukan tes kepribadian ini. Hasil tes digunakan oleh berbagai instansi, mulai dari universitas hingga perusahaan untuk menyeleksi dan menempatkan karyawannya berdasarkan tes tersebut.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Tes ini pada dasarnya membagi kepribadian individu berdasarkan beberapa dikotomi kategori yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Percieving (P), sehingga dihasilkan 16 tipe kepribadian berdasarkan kombinasi. Antara lain seperti ESFP, INTJ, dan lain-lain.

Berdasarkan kepribadian MBTI, platform pendidikan Akupintar memberikan sejumlah rekomendasi jurusan kuliah. Berikut rekomendasi pilihan jurusan sesuai MBTI.

1. INFP

INFP yang idealis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga dinilai cocok kuliah di jurusan-jurusan yang membutuhkan eksplorasi pemikiran seperti Psikologi dan Sastra.

Keteguhannya dalam memegang prinsip juga membuat seorang INFP kandidat yang baik untuk kuliah di bidang kesehatan.

Selain itu, jurusan kuliah lainnya yang sesuai kepribadian INFP adalah Desain dan Hubungan Masyarakat karena keduanya cocok dengan INFP yang terbuka dengan berbagai kemungkinan, fleksibel dan adaptif (kecuali pada prinsip yang dipegangnya).

Baca juga: Lulusan Jadi CPNS, Ini 9 Prodi PKN STAN dan Syarat Nilai

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Aku Pintar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.