Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Calon Mahasiswa Cek

Kompas.com - 08/12/2021, 09:34 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Sebentar lagi, proses penerimaan mahasiswa baru 2022 akan segera berlangsung. Saatnya calon mahasiswa mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih.

Pertimbangan pilihan jurusan kuliah bisa dilakukan berdasarkan minat dan bakat, lokasi kampus, biaya kuliah, hingga prospek karier yang akan kamu geluti di masa depan.

Kamu juga bisa mencoba sejumlah tes kepribadian, salah satunya Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang bisa diakses gratis. MBTI menjadi salah satu tes kepribadian yang paling populer, membagi kepribadian manusia menjadi 16 jenis.

Diperkirakan, setiap tahunnya sebanyak 1,5 juta orang melakukan tes kepribadian ini. Hasil tes digunakan oleh berbagai instansi, mulai dari universitas hingga perusahaan untuk menyeleksi dan menempatkan karyawannya berdasarkan tes tersebut.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Tes ini pada dasarnya membagi kepribadian individu berdasarkan beberapa dikotomi kategori yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Percieving (P), sehingga dihasilkan 16 tipe kepribadian berdasarkan kombinasi. Antara lain seperti ESFP, INTJ, dan lain-lain.

Berdasarkan kepribadian MBTI, platform pendidikan Akupintar memberikan sejumlah rekomendasi jurusan kuliah. Berikut rekomendasi pilihan jurusan sesuai MBTI.

1. INFP

INFP yang idealis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga dinilai cocok kuliah di jurusan-jurusan yang membutuhkan eksplorasi pemikiran seperti Psikologi dan Sastra.

Keteguhannya dalam memegang prinsip juga membuat seorang INFP kandidat yang baik untuk kuliah di bidang kesehatan.

Selain itu, jurusan kuliah lainnya yang sesuai kepribadian INFP adalah Desain dan Hubungan Masyarakat karena keduanya cocok dengan INFP yang terbuka dengan berbagai kemungkinan, fleksibel dan adaptif (kecuali pada prinsip yang dipegangnya).

Baca juga: Lulusan Jadi CPNS, Ini 9 Prodi PKN STAN dan Syarat Nilai

2. INTJ

INTJ dapat dengan cepat memahami pola, kemudian menyusun perspektif jangka panjang. INTJ juga biasanya memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri sendiri maupun orang lain.

Itulah sebabnya, Bisnis dan Ilmu Komputer adalah rekomendasi terbaik bila kamu ingin memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian INTJ.

Tipe MBTI yang satu ini cenderung mandiri dan terorganisir, karakter yang juga lekat dengan mahasiswa dari jurusan-jurusan Teknik dan MIPA.

3. INFJ

Pemilik kepribadian ini punya minat yang besar dengan hubungan sosial. INFJ ingin selalu memahami pemikiran orang lain dan melayani orang-orang di sekitarnya sebaik mungkin.

Psikologi dan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang cocok untuk INFJ. Lantaran komitmennya yang tinggi dalam bekerja dan kegemarannya untuk memahami hubungan antar ide, INFJ juga dapat menjajaki kemungkinan untuk kuliah di Jurusan DKV, Seni Rupa, maupun Televisi dan Film.

Baca juga: Kuliah Gratis dan Jadi ASN, Ini 13 Prodi IPDN dan Syarat

4. INTP

Dari 16 tipe kepribadian MBTI, INTP adalah tipe yang lebih tertarik dengan ide ketimbang interaksi sosial. Mereka adalah orang-orang yang teoretis dan abstrak, dengan tampilan yang cerdas dan tenang.

Jika memiliki minat, mereka mampu fokus mendalami suatu masalah sampai menemukan solusi.

Kira-kira apakah jurusan kuliah sesuai kepribadian ini? Kalau kamu anak INTP, pertimbangkan kuliah di Jurusan Fisika, Ilmu Komputer, atau mungkin Hukum.

5. ENTJ

Halaman:
Sumber Aku Pintar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com