Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampus Paling Lestari di Indonesia Versi UI GreenMetric 2021

Kompas.com - 15/12/2021, 11:48 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) kembali merilis UI GreenMetric 2021. Dari 101 perguruan tinggi di Indonesia, ada 10 kampus paling lestari versi UI GreenMetric 2021.

Di tempat pertama ialah Universitas Indonesia (UI), kedua Universitas Diponegoro (Undip) dan tempat ketiga yakni Universitas Gadjah Mada (UGM).

Melansir laman Undip, Selasa (14/12/2021), Undip berada di posisi kedua sebagai perguruan tinggi berkelanjutan terbaik kedua di Indonesia sama seperti tahun lalu.

Baca juga: Pustral UGM: Kendaraan Listrik, Peluang dan Tantangan Masa Depan

Diraihnya penghargaan sebagai kampus yang lestari, sehat dan berkelanjutan ini membanggakan karena jumlah perguruan tinggi yang turut serta dalam ajang ini naik pesat.

Dari Indonesia, peserta meningkat dari 88 perguruan tinggi di 2020 menjadi 101 perguruan tinggi di 2021. Sementara secara global pesertanya naik dari 912 perguruan tinggi menjadi 956 perguruan tinggi dari 80 negara yang ada di dunia.

Tahun ini partisipan dari Eropa sebanyak 261 perguruan tinggi, 53 dari Amerika Utara, 107 dari Amerika Latin, 513 dari Asia, 20 dari Afrika dan 2 perguruan tinggi dari Oceania.

Menurut Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, seusai menerima penghargaan mengaku bersyukur Undip kembali masuk dalam peringkat kedua nasional.

"Prinsip dalam pengembangan di Undip dilandasi dua hal, pertama konsep bersyukur, yang kedua konsep rahmatan lil ‘alamin," ujar Prof. Yos Johan dikutip dari laman Undip.

Dikatakan, konsep bersyukur itu karena pihaknya mensyukuri nikmat Allah untuk harus menjaga kelestariannya. Baik kelestarian alam, energi, sumber-sumber air, lingkungan, semuanya.

Sedangkan konsep rahmatan lil ‘alamin menyangkut kepedulian, kepedulian terhadap disabilitas, kepedulian kepada kelompok-kelompok yang harus mendapatkan akses yang bisa dimanfaatkan.

Selain itu Undip juga menjadi salah satu universitas yang menjadi Benteng Pancasila, dengan dua inti konsep itulah yang menjadi dasar pengembangannya.

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat Universitas Brawijaya Referensi SNMPTN 2022

Adapun pelayanan kepada mereka yang membutuhkan akses-askes khusus harus diutamakan. Mengenai keikutsertaan dalam UI GreenMetric adalah salah satu upaya menjaga Undip sebagai universitas yang tetap mengedepankan konsep bersyukur dan rahmatan lil ‘alamin.

Prof Yos juga mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan UI untuk memacu dan memicu universitas-universitas di Indonesia untuk selalu peduli pada lingkungan, dan peduli kepada sesama umat apapun bangsanya, apapun rasnya.

Kampus paling lestari di Indonesia

10 Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik 2021 di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com