Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Lulusan Unesa Terbaik dengan IPK Tertinggi

Kompas.com - 13/12/2021, 20:32 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 1.335 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) telah merampungkan masa studinya dan dikukuhkan sebagai Diploma (D3), Sarjana (S1), Magister (S2) hingga Doktor (S3) dalam acara wisuda gelombang 4 pada Sabtu (12/12/2021).

Dari wisuda kali ini, ada empat lulusan mahasiswa terbaik, yakni:

Baca juga: Polemik Sumur Resapan, Ini Kata Profesor IPB

1. Sri Wahyuni dari Pasca Sarjana Pendidikan Sains dengan IPK 3,99.

2. Norma Silma Nirmala dari Fakultas Ilmu Pendidikan S1 Guru Sekolah Dasar dengan IPK 3,86.

3. Aprilian Hurus Setya Wijaya dari S1 Pendidikan Bahasa Mandarin dengan IPK 3,95.

4. Yohanna Paramitha dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis dengan IPK 3,87.

Dari total 1.335 mahasiswa yang lulus, sebanyak 228 lulusan dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 205 lulusan dari Fakultas Bahasa dan Seni, dan 217 lulusan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Kemudian 157 lulusan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), 192 lulusan dari Fakultas Teknik (FT), 68 lulusan dari Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), 199 lulusan dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), dan 69 lulusan dari Pascasarjana.

Dalam acara wisuda ini dibuka dan dipimpin Ketua Senat Unesa Prof. Haris Supratno dan dihadiri jajaran tinggi pimpinan universitas, fakultas dan prodi lingkungan Unesa.

Rektor Unesa, Prof. Nurhasan menyampaikan rasa sukur dan bangga kepada lulusan Unesa tahun akademik 2021.

Baca juga: Nadiem Makarim: Kekerasan Seksual Hancurkan Pelajar dan Mahasiswa

Menurut dia, meski masa studi di kampus berakhir dan menyandang gelar, tidak berarti tugas dan tanggung jawab pun ikut berakhir.

Justru, kata dia, para lulusan disambut berbagai tugas dan tanggung jawab mengaplikasikan ilmu dan pengalamannya di kampus untuk berkontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Jadilah penggerak perubahan di manapun berada, gunakan ilmu pengetahuan untuk memajukan peradaban dari pojok-pojok kampung halaman," ucap dia melansir laman Unesa, Senin (13/12/2021).

Dia melanjutkan, lulusan Unesa tidak hanya pandai secara akademik, tetapi juga mampu beradaptasi di berbagai situasi dan melahirkan berbagai kreativitas dan inovasi yang bermanfaat.

"Saya harap wisudawan bisa terus belajar dan berkarya. Orang yang mampu beradaptasi adalah yang membuka diri untuk terus belajar dan mengembankan diri," kata Nurhasan.

Acara wisuda ini juga dihadiri Mayjen TNI (Purn) Arief Rachman yang menjadi Duta Besar Indonesia untuk Afganistan.

Dia mengatakan, para wisudawan Unesa adalah pewaris visi dan pewujud misi Indonesia emas 2045 nanti. Kesuksesan Indonesia yang maju dan makmur, seperti cita-cita Unesa ada di tangan para lulusannya yang hebat-hebat.

Baca juga: Dosen UGM Bahas Cara Beternak Domba Kandang Bersih Tanpa Bau

"Kemajuan dan perubahan ke depan, ada di tangan lulusan Unesa sekarang," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com