Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumpah Pemuda dan Upaya Melahirkan Talenta Digital Unggul lewat "SIC 2021"

Kompas.com - 28/10/2021, 20:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Semangat Hari Sumpah Pemuda bagi generasi digital dimaknai sebagai semangat anak muda untuk menyiapkan diri agar Indonesia nantinya dapat naik ke level yang tinggi di persaingan internasional.

"Semangat Sumpah Pemuda harus ada dalam diri kalian karena yang menentukan masa depan Indonesia adalah kalian," ungkan Risman Risman Adnan, Direktur Samsung R&D Institute Indonesia dalam pengumuman pemenang "Samsung Innovation Campus Batch 2" (28/10/2021).

Kepada para finalis Samsung Innovation Campus 2020/2021, Risman mengajak anak muda Indonesia menyiapkan beragam kompetensi dengan pemahaman fundamental dan konseptual serta skill dari practical.

"Kalian yang saat ini duduk di bangku SMA dan SMK, kalian akan menjadi engineer dalam 5 tahun ke depan. Kalau kalian siapkan semua dari sekarang, kalian akan membawa industri Indonesia ke next level," tegas Risman.

“Samsung Innovation Campus merupakan salah satu program pendidikan dari Samsung Electronics Indonesia di bawah payung program Samsung Indonesia Cerdas yang mendukung sektor pendidikan dalam mempersiapkan masyarakat digital," jelas Risman.

"Baik guru maupun peserta didik diharapkan dapat menjadi masyarakat digital yang dapat berperan aktif memajukan masa depan Indonesia,” harap Risman menutup keterangannya.

Baca juga: Pesan Nadiem di Hari Sumpah Pemuda untuk Pelajar Indonesia

Pentingnya penguatan SDM Indonesia ini juga ditekankan Sherly Septiani, Software Engineer Lead Tokopedia yang menjadi salah satu juri.

"Kita tidak boleh hanya berfokus pada teknologi saja, kita juga harus berfokus pada SDM-nya. Teknologi bisa dibeli, tapi apakah kita memiliki SDM yang mumpuni yang bisa mengembangkan teknologi tersebut," ujar Sherly mengingatkan.

Mengutip Presiden Joko Widodo, Sherly mengungkapkan, Indonesia masih membutuhkan setidaknya sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan.

Melahirkan talenta digital unggul

Melahirkan talenta-talenta digital unggul masa depan inilah yang menjadi salah satu visi Samsung Electronics Indonesia kembali menghadirkan program yang sudah dimulai sejak Oktober 2020, Samsung Innovation Campus (SIC).

Program ini sekaligus bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus kepada kemampuan teknis (hard skill) dan membantu meningkatkan soft skill yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com