Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Jember Masih Kuliah Online di Semester Gasal, Ini Alasannya

Kompas.com - 14/09/2021, 16:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada semester gasal tahun akademik 2021/2022 ini, Universitas Jember (Unej) masih memberlakukan kuliah online.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Rektor Universitas Jember Nomor 14265/UN25/EP/2021 tertanggal 9 Agustus 2021.

Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin mengatakan, walaupun Jember sudah masuk daerah dengan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, namun Unej lebih memilih tetap mengadakan kuliah online.

Baca juga: Ini 4 Masalah Mahasiswa Jika Kuliah Online Berkepanjangan

Tentu karena pihaknya masih melihat lebih lanjut perkembangan angka penyebaran dan penanganan Covid-19 sehingga benar-benar berada di level aman.

"Kami masih wait and see, melihat perkembangan yang ada. Pasalnya 70 persen mahasiswa kami berasal dari luar kota Jember," ujarnya seperti dikutip dari laman Unej, Selasa (14/9/2021).

Tentu karena mahasiswa dari luar kota itu kondisi penyebaran dan penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing berbeda-beda, sehingga level status PPKM-nya pun berbeda-beda pula.

Tak hanya itu saja, pihaknya bisa mengontrol mahasiswa saat berada di kampus misalnya dengan pemberlakuan kewajiban pembatasan kerumuman dengan menerapkan aturan bagi mahasiswa yang bisa kuliah di kelas dan siapa yang kuliah daring dan sebagainya.

Namun tentu sulit mengontrol mereka saat sudah di luar kampus. Intinya keamanan dan kesehatan keluarga besar Universitas Jember dan masyarakat Jember menjadi yang utama.

Skema kuliah online dan luring

Pihak kampus berharap agar kondisi makin membaik sehingga kuliah tatap muka 2021 bisa dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2021/2022 nanti.

Jika kuliah tatap muka dilaksanakan, maka protokol kesehatan dan aturan ketat tetap dilaksanakan.

Baca juga: Limbah Makanan dan Ternak Jadi Pupuk Bio Organik oleh Mahasiswa UB

Untuk itu Universitas Jember terus mematangkan beberapa pilihan skenario perkuliahan tatap muka, diantaranya dengan memberlakukan perkuliahan secara bergilir.

"Misalnya saja yang kuliah luring hanya mahasiswa angkatan tahun 2020 dan tahun 2021 terlebih dulu, sebab mereka belum pernah ke kampus," kata Prof. Slamin.

Tentu sisi lain yang tak kalah penting ialah, seluruh mahasiswa Unej sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Adapun pilihan selanjutnya bisa dengan cara kuliah secara bergantian. Misalnya di minggu pertama maka mahasiswa yang memiliki Nomor Induk Mahasiswa (NIM) ganjil yang kuliah sementara di minggu kedua giliran mahasiswa yang memiliki NIM genap yang kuliah, begitu seterusnya.

Itu pun dengan syarat kapasitas kelas yang dipakai hanya 50 persen saja dari kapasitas yang ada. Universitas Jember terus mempersiapkan alternatif kuliah luring sesuai dengan kondisi masing-masing fakultas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com