Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iluni UI Buka Senta Vaksinasi Sinergi Sehat Gandeng 10 Rumah Sakit

Kompas.com - 26/07/2021, 22:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) bekerja sama dengan 10 rumah sakit, Bakti Kominfo, Media Group dan beberapa pihak terkait, menyelenggarakan program Vaksinasi Sinergi Sehat.

Sentra vaksin ini bertujuan mendukung program upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia dan akan berlangsung 22 Juli hingga 15 September 2021 dan bertempat di The Media Hotel and Towers, Gunung Sahari, Jakarta.

"Kami memberikan layanan vaksinasi yang spesial dengan menghadirkan rumah sakit vertikal yang masing-masing punya spesialistik, dan menyediakan vaksinasi lengkap 1 dan 2," ujar Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian melalui rilis resmi (26/7/2021).

Andre mengatakan, Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat menargetkan sebanyak 2.000 orang per hari yang akan menerima vaksin. 

Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat ini, tambah Andre, juga membuka layanan vaksin anak berusia minimal 12 tahun, ibu hamil dan menyusui, pengidap kanker, dan juga yang memiliki komorbid karena didukung 10 rumah sakit vertikal dan menyediakan  konsultasi dokter divaksinasi.

Ke 10 rumah sakit yang tergabung dalam dalam Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI) itu adalah RSCM, RS Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, RS PON, RS Soeharto Heerdjan, RSKO Jakarta, RS Persahabatan, RSJ Harapan Kita, RSAB Harapan Kita, dan RSK Dharmais.

“Bahkan, Sentra vaksinasi Sinergi Sehat menyediakan bus untuk antar jemput peserta rombongan yang berasal dari sekolah atau pesantren," jelasnya.

Baca juga: Sekolah Kristen Ipeka Jadi Sentra Vaksinasi Bantu Akselerasi Herd Immunity

Ketua Pelaksana Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat Endang Mariani menyampaikan, kolaborasi bersama 10 rumah sakit ini memberi warna dengan spesialisasi masing-masing rumah sakit.

“Sentra vaksinasi ini tidak sekadar untuk vaksinasi. Dengan bergabungnya 10 rumah sakit vertikal yang punya spesialisasi masing-masing juga memberikan layanan edukasi dan sosialisasi tentang berbagai hal terkait vaksinasi dan Covid-19," jelas Endang.

Waktu pelaksanaan dua bulan, tambah Endang, bertujuan memberikan kepastian setiap peserta vaksinasi mendapatkan dosis lengkap.

“Dalam setiap penyelenggaraan Sentra Vaksinasi, Iluni UI selalu berupaya tidak sekedar memberikan vaksinasi pertama. Jadi 28 hari kemudian, setiap peserta dapat kembali ke Sentra Vaksinasi kami untuk memperoleh vaksin dosis kedua. Itu merupakan komitmen kami,” lanjutnya.

Ketua ARVI dr. Lies Dina Liastuti mengatakan, rumah sakit menghadapi berbagai tantangan semasa pandemi. Meski begitu, 10 rumah sakit vertikal tetap ingin memberikan kontribusi besar yang aman bagi semuanya.

“Peran Iluni luar biasa. Kami mendapatkan bantuan relawan-relawan, sehingga kami menyetor nakes saja. Setiap rumah sakit memberikan dua-tiga tim terdiri dari dokter dan perawat. Bahkan ada rumah sakit yang memberikan dokter sub-spesialis,” katanya.

Dr Lies juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BAKTI Kominfo dalam mengembangkan aplikasi Siap Dok. “Dengan dukungan berbagai pihak membuat kami optimis apa yang kami kerjakan akan memberikan manfaat besar untuk masyarakat,” ujarnya.

Vice President Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menyampaikan komitmen Danone Indonesia dalam mendukung program vaksinasi, salah satunya dalam keikutsertaan dalam kolaborasi Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat.

Danone Indonesia memberikan dukungan melalui donasi alat kesehatan, ventilator, nutrisi, hidrasi, maupun penyediaan APD. “Sudah kesekian kali kami bermitra dengan ILUNI UI. Mudah-mudahan acara kali ini berjalan lancar,” ujar Vera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com