Kompas.com - 26/07/2021, 21:56 WIB
Uhamka meraih Peringkat ke-5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA) dan Peringkat ke-69 Perguruan Tinggi Indonesia versi Webometric Ranking of Word Universities 2021. DOK. WEBOMETRICUhamka meraih Peringkat ke-5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA) dan Peringkat ke-69 Perguruan Tinggi Indonesia versi Webometric Ranking of Word Universities 2021.

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau Uhamka, perguruan tinggi milik Muhammadiyah meraih dua prestasi sekaligus dalam pemeringkatan universitas di Indonesia.

Prestasi pertama ditorehkan Uhamka yang meraih Peringkat ke-5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA).

Sedangkan prestasi Uhamka lain diraih dengan mengantongi Peringkat ke-69 Perguruan Tinggi Indonesia versi Webometric Ranking of Word Universities.

Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Peringkat ini menempatkan Uhamka masuk dalam 100 universitas terbaik di Indonesia dari 2.593 universitas lain yang dinilai tahun ini.

Indikator penilaian Webometrics 2021 meliputi Presence (5 persen), Visibility Impact (50 persen), Openness (10 persen), dan Excellence (35 persen) sebagai kriteria penilaian.

Baca juga: Kado Istimewa Hari Anak Nasional, Siswa Indonesia Raih Prestasi Ajang Olimpiade Biologi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui rilis resmi (26/7/2021), Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan capaian pemeringkatan Webometric ini merupakan peningkatan akselerasi kenaikan peringkat yang luar biasa.

Prof. Gunawan mengungkapkan pada bulan Januari 2021 Uhamka berada di peringkat 227, dan kini dalam waktu 6 bulan Uhamka dengan cepatnya membuktikan keberhasilan melesat cepat ke peringkat 5 untuk PTMA dan peringkat 69 Webometric se-Indonesia.

“Alhamdulillah, rasa syukur kami segenap civitas Uhamka kepada Allah SWT atas capaian yang begitu melesat dalam penilaian webometrics sebagai perguruan tinggi terbaik ke-5 untuk tingkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ke-69 Perguruan Tinggi se-Indonesia," ujar Prof. Gunawan.

"Hal ini merupakan kebanggaan yang tidak terkira, pasalnya kami (Uhamka) di bulan Januari 2021 berada di peringkat ke-227,” tambah Prof. Gunawan.

Ia mengungkapkan kebahagiaan ini pun dirasakan seluruh civitas academica Uhamka mulai dari pimpinan, dosen maupun tenaga kependidikan, mahasiswa, hingga alumni karena di tengah situasi pandemi Covid-19 Uhamka tetap membuktikan ketangguhannya.

Lebih jauh Rektor Uhamka juga menyampaikan capian prestasi ini menjadi pemantik bagi universitas yang dipimpinnya untuk terus berbenah dan meningkatkan prestasi.

"Uhamka terus berbenah dan meningkatkan mutu dalam skala prioritas kerja, SDM yang unggul, ketersediaan teknologi yang memadai, sarana dan prasarana," tegas Prof. Gunawan.

Menurutnya, hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan Uhamka tetap tumbuh sebagai universitas yang mampu mencetak generasi unggul untuk mencapai visi sebagai Propethic Teaching University tahun 2024.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.