Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Ramadhan, Emaridial Ulza: Generasi Milenial Jadi Pilar Utama Filantropi

Kompas.com - 12/05/2021, 08:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (FEB Uhamka) Emaridial Ulza menegaskan pentingnya membangun spirit filantropi bagi generasi milenial pasca-Ramadan.

Ia mengingatkan semangat ini harus terus dilaksanakan bukan hanya di bulan Ramadan saja melainkan spirit filantropi harus ada di bulan selanjutnya.

"Karena pada dasarnya, filantropi merupakan betuk kecintaan terhadap manusia diwujudkan dengan bentuk kegiatan santunan, bantuan hukum, advokasi, pemberdayaa ekonomi dan lain sebagainya," ujar Ulza yang juga aktivis kampus dan organisasi kemasyarakatan.

Dalam "Dialog Interaktif Ramadhan" digelar Radio Elshinta (11/5/2021) Ulza menyampaikan filantropi yang merupakan gerakan baru bagi kaum milenial saat ini, pada dasarnya hadir dari dasar pemikiran Baitul Maal pada masa Rasulullah yang telah diperbaharui dengan konsep baru kekinian.

"Dengan hadirnya filantropi, masyarakat akan sangat terbantu karena gerakan filantropi dapat menghasilkan berupa ide, gagasan, bahkan bantuan yang nilainya bisa mencapai triliunan untuk disalurkan,” jelasnya.

Baca juga: 5 Kegiatan Positif bagi Siswa agar Ramadhan Produktif

“Gerakan filantropi yang ngetrend saat ini didorong dengan kekuatan anak muda. Bukan sekedar modal tapi ada ide yang out of the box yang melintasi zaman,” tambahnya

Melalui gerakan filantropi, ujar Ulza, generasi milenial meski tidak bisa memberi bantuan secara langsung kepada masyarakat, mereka dapat memberikan ide yang luar biasa sehingga dapat menghasilkan bantuan kepada masyarakat dengan jumlah yang tidak sedikit.

"Bagi kaum milenial tidaklah sulit untuk bergabung di filantropi, dengan bergabungnya di filantropi akan memberikan dampak positif beribu pengalaman bahkan penghargaan yang begitu besar dari masyarakat bukan hanya sekedar ucapan terima kasih," ujarnya. 

"Kaum milenial yang ingin bergabung cukup dengan melupakan sejenak keasikan bermain game, kekasih, serta yakinkan bahwa dirimu sangat diharapkan kehadirannya di masyarakat," ajaknya.

Lebih jauh Ulza menyampaikan pihaknya telah memiliki lembaga filantropi, LKSFI (Labolatorium Kewirausahaan Sosial) dan Filantropi Islamyang hadir untuk memberikan kebermafaatan bukan hanya bagi mahasiswa di lingkungan Uhamka namun juga membantu masyarakat sekitar Uhamka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com