Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Bencana Hidrometeorologi dan Jenisnya? Ini Kata Dosen Itera

Kompas.com - 26/03/2021, 20:26 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sebagai negara tropis yang memiliki dua musim, Indonesia rentan terjadi sejumlah bencana. Bahkan awal tahun 2021 ini, Indonesia sudah diguncang dengan berbagai bencana yang menimbulkan korban jiwa.

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameternya.

Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LP3) Institut Sumatera Utara (ITERA) Acep Purqon mengatakan, bangsa Indonesia sangat rentan terhadap berbagai bahaya akibat adanya perubahan iklim.

Antara lain badai siklon tropis, hujan lebat, gelombang panas, kekeringan dan banyak lagi.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Sikapi perubahan iklim dengan cerdas

Perubahan iklim jangka panjang juga dapat meningkatkan intensitas dan frekuensi kejadian cuaca dan iklim ekstrem. Untuk itu masyarakat harus bersiap menghadapi cuaca dan iklim dengan cerdas dan bijaksana.

“Layanan informasi meteorologi mulai dari prakiraan cuaca harian hingga prediksi iklim jangka panjang diharapkan mampu membantu masyarakat menyadari pentingnya informasi cuaca dan iklim,” ujar Acep seperti dikutip dari laman itera.ac.id, Jumat (26/3/2021).

Acep menambahkan, ITERA terus bertransformasi dengan cepat dalam menghadapi era disrupsi. Selain itu juga dibayangi potensi bencana yang dapat membahayakan.

Seperti bencana gempa bumi, tsunami, tanah longsor, angin topan, banjir, kebakaran hutan hingga adanya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang.

Baca juga: 23 Berita Hoax Seputar Covid-19 dan Penjelasan Pakar Pulmonologi UGM

Menyikapi hal tersebut, ITERA siap untuk mendukung segala upaya, program, dan kegiatan-kegiatan pendidikan kebencanaan.

"ITERA siap menjadi pionir perguruan tinggi di Indonesia yang siap siaga bencana,” tandas Acep.

Bencana hidrometeorologi di Indonesia

Memperingati Hari Meteorologi Dunia ke-71, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan seminar dalam jaringan dengan tema 'Strategi Peningkatan Pemahaman terhadap Bencana Hidrometeorologi di Indonesia'.

Pembicara webinar ini, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Indonesia Dr. Ir. Dodo Gunawan menerangkan, terjadinya bencana hidrometeorologi di Indonesia tidak terlepas dari faktor pengendali iklim atau cuaca.

Baca juga: Bantuan hingga Rp 12 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Bencana hidrometeorologi yang kerap terjadi di Indonesia antara lain:

1. Banjir

2. Tanah longsor

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com