Kepuasan Mahasiswa: Menyoal Paradigma Mahasiswa sebagai Pelanggan

Kompas.com - 26/03/2021, 15:24 WIB
E-learning mahasiswa Untar DOK. UNTARE-learning mahasiswa Untar

Oleh: Frangky Selamat | Dosen Tetap Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Tarumanagara

KOMPAS.com - Kepuasan mahasiswa Australia terhadap kampusnya menurun selama pandemi Covid-19. Demikian judul berita Kompas.com pada 19 Maret 2021.

Dalam berita itu, pusat penelitian sosial Australian National University (ANU) memperoleh tugas dari pemerintah federal untuk melakukan survei terhadap 41 universitas yang melibatkan 250.000 mahasiswa dengan hasil kepuasan pada 2020 merosot menjadi 69 persen dari 78 persen pada 2019.

Ini terjadi sejak kampus "dipaksa" menyelenggarakan pembelajaran daring.

Kepuasan mahasiswa, layaknya kepuasan pelanggan sebuah organisasi bisnis telah menjadi pusat perhatian sejumlah universitas, apalagi yang menggantungkan pendapatannya dari tuition fee mahasiswa.

Belum lagi, sejumlah korporasi besar turut berkecimpung di dalam dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi. Pendekatan bisnis dengan sejumlah konsep pemasaran diaplikasikan.

Dunia pendidikan dipandang sebagai sebuah industri seperti sektor lain, dan sebagaimana layaknya sebuah bisnis, tujuan yang ingin dicapai adalah memperoleh profit atas dasar kepuasan pelanggan.

Penerapan manajemen kualitas terpadu

Implikasi atas pandangan tersebut adalah penerapan paradigma manajemen kualitas terpadu (total quality manajemen/TQM) yang biasa dijalankan di sektor manufaktur.

Penerapan prinsip-prinsip manajemen kualitas terpadu dipandang sebagai sebuah cara agar sektor pendidikan lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan pemberi kerja dan pemangku kepentingan di masyarakat termasuk pemilik dana (Cruickshank, 2003).

Dengan TQM, kualitas didefinisikan dari sudut pandang pelanggan (customer-defined quality) bukan dari sudut pandang pengelola. Mahasiswa ditempatkan dan diperlakukan sebagai pelanggan (student as a customer) sebagaimana lazimnya dalam dunia bisnis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X