Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Siswa Lolos SNMPTN 2021 Unair Berusia di Bawah 16 Tahun

Kompas.com - 23/03/2021, 19:28 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 1.374 siswa dinyatakan lolos dalam Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 Universitas Airlangga (Unair).

Namun yang menarik, di antara total yang lolos di Unair ada empat siswa yang masih berusia di bawah 16 tahun.

Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih, dilansir dari laman resmi unair.ac.id mengatakan, empat mahasiswa termuda dalam SNMPTN 2021 Unair itu adalah Ainiyah Hasna Fadhilah, Hasna Azizah, Risqi Nabila Ramadhani, dan Anditya Azzahra. Rata-rata usia mereka adalah 15 tahun.

"Ada empat mahasiswa termuda yang lolos dalam SNMPTN 2021 Unair. Rata-rata kelahiran tahun 2005," sebutnya.

Baca juga: Pakar Unair Ungkap Misteri Tiga Kerangka Manusia di Situs Majapahit

Mahasiswa termuda pertama, adalah Ainiyah Hasna Fadhilah. Usianya, 15 tahun lebih 4 bulan. Ia berasal dari dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Madiun, Jawa Timur.

"Lolos (Ainiyah Hasna Fadhilah, Red) SNMPTN di program studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat," ungkapnya.

Kedua, Hasna Azizah. Usianya adalah 15 tahun lebih 6 bulan. Ia berasal dari Sekolah Menengah Atas Swasta International Islamic High School.

Siswa asal Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini lolos di Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Unair.

Lalu yang ketiga, Risqi Nabila Ramadhani. Usianya adalah 15 tahun lebih 8 bulan. Ia berasal dari SMAN 1 Ponorogo, Jawa Timur. Risqi Nabila lolos dalam SNMPTN 2021 Unair di Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran.

Baca juga: Epidemiolog Unair: Sequencing, Cara Mendeteksi Mutasi Corona B117

Dan keempat, yakni Anditya Azzahra. Usianya adalah 15 tahun lebih 9 sembilan bulan. Ia berasal dari SMAN 1 Taman Sidoarjo, Jawa Timur. Anditya lolos di Prodi Ilmu Farmasi, Fakultas Farmasi.

Meski menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, Unair sangat terbuka dengan siswa dari manapun. Selama siswa memenuhi kriteria yang ditetapkan, semua berhak menjadi mahasiswa Unair.

Prof. Nasih menegaskan, seluruh siswa yang diterima Unair murni dari prestasinya. Jadi, jika ada oknum tertentu yang mengaku dapat membantu dalam proses penerimaan, sebut Prof Nasih, itu tidak benar.

"Sampaikan kepada kami melalui helpdesk jika ada permintaan-permintaan tertentu di luar prosedur resmi. Ini (siswa yang lolos SNMPTN 2021) murni dari prestasi para siswa," tegasnya.

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, tercatat total peminat pendaftar Unair pada SNMPTN 2021 mencapai 18.154 siswa. Dari perbandingan itu, keketatan SNMPTN 2021 di Unair mencapai 1 banding 14 siswa.

"Yang diterima 1.374 siswa. Yang daftar 18.154 siswa. Jadi, kira-kira 1 siswa bersaing dengan 14-20 siswa," ujarnya.

Menurut Prof. Nasih, siswa yang diterima Unair berasal dari 584 sekolah. Sebanyak 84 persen berasal dari wilayah Jawa Timur, 2.6 persen Jawa Tengah, 2.05 persen DKI Jakarta, dan 1,9 persen Jawa Barat.

Selain dari Jawa, ada Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kepulauan Riau.

Baca juga: 2.069 Calon Mahasiswa UGM Jalur SNMPTN 2021, Daftar Ulang hingga Tanggal Ini

"Kalau dari Jawa Timur, sekitar 1.156 peserta. Terbanyak dari Kota Surabaya mencapai 399 siswa atau sekitar 34 persen. Diikuti kota-kota lain seperti Gresik, Sidoarjo, Bojonegoro, Lamongan, dan wilayah lain," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com