Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Aksara Pengetahuan, Sekolah Gratis untuk Anak Kurang Mampu

Kompas.com - 20/03/2021, 08:07 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan yang berkualitas menjadi salah satu bekal menuju masa depan lebih baik. Namun, belum semua anak-anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama mengenyam pendidikan layak sesuai dengan usianya.

Mengerti bahwa setiap anak memiliki hak untuk belajar, Stefanus Christofer, William Suwandi dan Kevin Samuel Andwa berinisiatif mendirikan Yayasan Ruang Aksara Pengetahuan, yakni tempat belajar bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, untuk bisa mendapatkan pendidikan secara gratis.

Oktober 2020, Ruang Aksara Pengetahuan telah membangun dan memberikan fasilitas pendidikan di beberapa tempat, seperti di daerah Dusun Cigaru, Kabupaten Tangerang, Banten dan Manggarai.

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

"Kami memiliki keinginan untuk dapat membantu pendidikan di Indonesia. Banyak anak-anak yang putus sekolah dengan alasan biaya pendidikan yang mahal, apalagi di masa pandemik ini. Jadi, kita memutuskan untuk membuka Yayasan Ruang Aksara Pengetahuan," papar Kevin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/3/2021).

Ruang Aksara Pengetahuan, lanjutnya, difungsikan sebagai tempat belajar bagi para masyarakat yang kurang mampu, untuk bisa mendapatkan pendidikan secara gratis dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan mulai dari alat tulis, buku, hingga masker untuk protokol kesehatan pada saat proses belajar.

"Kami memfasilitasi ruang belajar, tenaga pengajar, alat tulis, buku, dan lain-lain untuk mendukung anak-anak untuk bisa belajar," imbuh dia.

Baca juga: Pendataan KJP Plus SD-SMA Tahap 1 Tahun 2021 Dibuka, Ini Besaran Dana

Yayasan Ruang Aksara PengetahuanDok. Yayasan Ruang Aksara Pengetahuan Yayasan Ruang Aksara Pengetahuan

Hadirkan tenaga pengajar kompeten

Tak hanya fasilitas fisik, Ruang Aksara Pengetahuan memberikan tenaga pengajar yang memang berkompeten di bidangnya. Adapun mata pelajaran yang diajarkan mulai dari matematika, bahasa inggris, hingga kesenian.

Hingga saat ini Yayasan Ruang Aksara Pengetahuan di Dusun Cigaru telah memiliki anak didik sebanyak 10-25 orang murid di tingkat sekolah dasar. Sementara di Manggarai kurang lebih memiliki anak didik 15 orang.

Stefanus berharap dengan adanya Yayasan Ruang Aksara Pengetahuan, para anak-anak yang kurang mampu bisa mendapatkan pendidikan secara gratis.

Sementara itu, William menambahkan, dengan mendapatkan pendidikan yang baik, masa depan anak-anak menjadi lebih baik.

"Inilah yang kami harapkan, dan semoga ini bisa menginspirasi banyak orang," harap William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com