Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tutup, 214.028 Calon Mahasiswa Selesai Daftar SNMPTN 2021

Kompas.com - 19/02/2021, 12:10 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan segera ditutup lima hari lagi, yakni pada Rabu 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengimbau bagi semua Siswa Eligible untuk segera melakukan pendaftaran dan finalisasi karena Pendaftaran SNMPTN akan segera ditutup.

"Imbauan Siswa Eligible untuk segera melakukan pendaftaran dan finalisasi karena Pendaftaran SNMPTN akan ditutup 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB," tulis LTMPT melalui akun Instagram, Kamis (18/2/2021) malam.

Baca juga: Daftar PTN Paling Banyak Terima Peserta SNMPTN dari Tahun ke Tahun

Untuk menghindari adanya kesalahan pemasukan data, LTMPT merekomendasikan siswa menggunakan perangkat laptop atau komputer saat melakukan pendaftaran guna menghindari kesalahan pengisian data.

"Jangan lupa untuk pastikan juga koneksi yang digunakan dalam kondisi yang stabil ya!" imbuh LTMPT.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam Unair Talk Beberapa hari lalu mengatakan, kuota SNMPTN 2021 sekitar 100.000, hal tersebut menurutnya menunjukkan persaingan yang cukup tinggi.

"Jangan asal memilih dan asal masuk, karena jika sudah diterima SNMPTN, maka tidak ada kesempatan untuk bisa mendaftar UTBK-SBMPTN," imbuhnya.

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK-SBMPTN 2020 Tertinggi

Ia juga mengingatkan calon mahasiswa dalam memilih program studi untuk lebih dulu berdiskusi dan melakukan pertimbangan yang matang.

Peserta KIP Kuliah bisa segera Finalisasi

Hingga Kamis (18/2/2021) pukul 23.15 WIB, menurut data LTMPT sebanyak 491.397 siswa telah melakukan login dan sebanyak 287.344 siswa telah memilih program studi (prodi).

Meski begitu, siswa yang telah melakukan Finalisasi berjumlah 214.028.

LTMPT mengingatkan bahwa proses pendaftaran dinyatakan selesai apabila siswa sudah melakukan Finalisasi (Cetak Kartu Peserta).

Setelah Finalisasi (Cetak Kartu Peserta), siswa tidak bisa melakukan perubahan daya dengan alasan apapun. Sehingga, pengisian data, pilihan prodi dan PTN dipastikan sudah benar sebelum melakukan Finalisasi pendaftaran SNMPTN 2021.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Terkait KIP Kuliah, siswa harus melakukan permanen data akun di portal LTMPT sebelum mendaftar KIP Kuliah dan pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN hanya dilakukan di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

LTMPT mamastikan, siswa peserta KIP Kuliah dapat segera melakukan Finalisasi pendaftaran SNMPTN 2021 tanpa harus menunggu pendaftaran KIP Kuliah di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Segala bentuk pertanyaan seputar informasi dan kebijakan KIP Kuliah dapat menghubungi Puslapdik melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com