Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Minta Universitas Jember Berorientasi Masa Depan

Kompas.com - 18/11/2020, 22:15 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud), Nadiem Makarim meminta agar Universitas Jember menjadi perguruan tinggi yang adaptif, fleksibel dan berorientasi masa depan.

Hal itu dikatakan Nadiem saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan Dies Natalis Universitas Jember yang ke-56, saat melansir laman Universitas Jember, Senin (16/11/2020).

Baca juga: 2,03 Juta Guru dan Tenaga Pendidik Honorer Dapat Subsidi Gaji

"Untuk itu, kata Nadiem, perguruan tinggi harus berani mendisrupsi dirinya dengan memberikan bekal pengalaman kehidupan di luar kampus kepada mahasiswa sesuai dengan kondisi saat ini. Seperti yang dicanangkan oleh Kemendikbud melalui program Kampus Merdeka," kata Nadiem.

Saat ini, kata Nadiem, dunia pendidikan tinggi di seluruh dunia tengah menghadapi tantangan, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, serta gegara pandemi Covid-19 sehingga proses belajar mengajar dilakukan secara daring.

Jika perguruan tinggi tidak memberikan bekal tambahan bagi mahasiswa, dia mengaku, maka akan sulit bagi pemerintah dalam menyediakan sumber daya manusia yang unggul yang bisa membawa Indonesia melompat maju.

"Untuk itu melalui program Kampus Merdeka kami memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja semasa masih belajar di kampus," jelas Nadiem.

Kesempatan tersebut, lanjut dia, juga diberikan kepada dosen, sehingga nantinya diharapkan mampu menggali pengalaman yang nantinya membawa ilmu yang dimanfaatkan di kampus. Kampus pun diminta membuka kesempatan bagi praktisi untuk mengajar di perguruan tinggi.

Kampus juga harus bertransformasi agar mampu mengantisipasi tantangan jaman dan bersinergi dengan ekosistem dunia kerja, institusi riset dan perguruan tinggi kelas dunia.

"Untuk mengakselerasi transformasi perguruan tinggi di Indonesia, Presiden Joko Widodo bersama Kemendikbud telah meluncurkan inisiatif Merdeka Belajar Episode Keenam yang berisi transformasi pendanaan bagi perguruan tinggi di Indonesia," tutur Mendikbud.

Keinginan Mendikbud Nadiem disambut baik oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna. Dia menyatakan, Universitas Jember telah siap menjalankan program Kampus Merdeka, yakni dengan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan institusi pendukung lainnya.

Baca juga: Tahun 2021 Kemendikbud Siap Angkat 1 Juta Guru Honorer Jadi ASN, Ini Skemanya

"Tahun depan kami juga akan beralih status menjadi Badan Layanan Umum, termasuk mencapai target lima persen dari program studi yang terakreditasi A akan terakreditasi secara internasional," kata Iwan Taruna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com