Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanoto Foundation Buka Beasiswa Teladan, Siapkan Pemimpin Masa Depan

Kompas.com - 19/08/2020, 19:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Jokowi pernah berkata, masa depan ekonomi Indonesia ada di tangan anak muda. Anak muda menjadi kunci perkembangan bangsa di masa depan.

Meski begitu, menurutnya, anak muda di era kini memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah menghadapi persaingan global dan majunya teknologi.

Di tengah keterbatasan karena pandemi, persaingan justru menjadi semakin kuat bahkan tanpa batas.

Sebagai upaya "melahirkan" anak muda dengan jiwa kepemimpinan di tengah keterbatasan, Tanoto Foundation kembali membuka Program Teladan 2021.

Baca juga: Hadiri Virtual Tanoto Scholars Gathering, Dirjen Pendidikan Tinggi Bicara Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka

Program beasiswa ini mencakup biaya kuliah 100 persen hingga semester 8 (delapan) serta tunjangan bulanan.

Pendaftaran Program Teladan akan dibuka secara online di www.tanotofoundation.org mulai tanggal 24 Agustus sampai dengan 30 September 2020

Pelatihan Teladan untuk lahirkan pemimpin masa depan

University Partnership and Cohort Management Lead Tanoto Foundation Wahono Kolopaking mengatakan, Program Teladan yang digagas sejak tahun 2006 ini tak hanya sekadar memberikan bantuan dana kuliah secara penuh.

Lebih dari itu, Wahono menegaskan bahwa tujuan utama dari program ini adalah menyiapkan generasi berjiwa kepemimpinan, melalui beragam pelatihan dan kegiatan.

"Melalui program Teladan, Tanoto Foundation mencoba untuk merancang bentuk program di mana peserta tidak hanya menikmati bantuan, namun juga menerima program pendampingan," paparnya dalam Kompas Talks "Future Leaders: Be a Hero!" yang disiarkan secara langsung melalui akun Instagram @hariankompas, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

Program pendampingan tersebut, lanjut dia, mencakup bidang pengembangan kepemimpinan, pengembangan kepribadian, pengembangan karier serta kontribusi sosial.

"Setiap semester akan mendapatkan pelatihan tatap muka, mentoring, dan program-program pengembangan karakter," paparnya.

Harapannya, Tanoto Foundation bisa menyiapkan generasi pemimpin yang akan menularkan kecakapan dan talenta baru ke masyarakat di mana mereka tinggal dan bekerja.

Dalam kesempatan yang sama, Tanoto Scholar Angkatan 2020 Nabila Asyifa Bahri memaparkan pengalamannya menjadi peserta terpilih program beasiswa Teladan 2020.

Mahasiswa semester 3 jurusan Akuntansi Universitas Indonesia itu, menyarankan mahasiswa baru jenjang S1 Reguler yang berkuliah di kampus mitra Tanoto Foundation untuk segera mendaftar program ini.

Baca juga: Ingin Kuliah S1-S2 ke Selandia Baru? Ada Beasiswa Senilai Rp 100 Juta

"Saya mendapatkan banyak nilai-nilai baru. Tidak hanya seminar, namun juga melalui banyak kegiatan seperti team buiding dan diberikan buku jurnal. Sehingga tidak hanya dibekali teori, tapi juga rangkaian acara yang seru," tutur Nabila.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com