6 Olahraga Paling Cocok untuk Pasien Diabetes

Kompas.com - 29/05/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Olahraga yang bisa bantu turunkan gula darah perlu diketahui terutama oleh para pengidap diabetes.

Pasalnya, selain menjaga pola makan, rutin berolahraga pun sangat penting untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Olahraga teratur dapat mencegah atau menunda perkembangan diabetes tipe 2. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengontrol gula darah pada diabetes tipe 2, mengurangi faktor risiko kardiovaskular, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Olahraga teratur juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar bagi pasien diabetes tipe 1, seperti peningkatan kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, sensitivitas insulin, dan sebagainya.

Akan tetapi, tak semua olahraga efektif untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Baca juga: Tips dan Manfaat Olahraga Setelah Sahur di Bulan Puasa

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (25/9/2021), berikut ini enam olahraga paling cocok untuk pasien diabetes:

1. Jalan cepat

Jika sebelumnya tidak memiliki rutinitas olahraga, spesialis diabetes dan olahraga, dr. Sheri R. Colberg menyarankan untuk memulainya dengan berjalan kaki.

Menurut Sheri, jalan kaki adalah olahraga ringan yang mudah dilakukan namun memiliki banyak manfaat.

“Berjalan mudah dilakukan orang, yang dibutuhkan hanya sepasang sepatu dan tempat untuk pergi. Berjalan merupakan salah satu kegiatan yang paling dianjurkan untuk penderita diabetes tipe 2,” kata Colberg.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.