Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips dan Manfaat Olahraga Setelah Sahur di Bulan Puasa

Kompas.com - 24/04/2022, 05:14 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian orang mengurangi aktivitas olahraga saat berpuasa. Hal itu karena ketika berpuasa dari pagi hingga sore, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman sama sekali.

Karena hal tersebut, tidak sedikit orang yang kesulitan menyesuaikan jadwal berolahraga. Padahal, rutin olahraga di bulan Ramadhan membantu tubuh tetap fit ketika menjalani ibadah puasa.

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Andhika Raspati, SpKO, puasa seharusnya tidak menjadi alasan untuk berhenti berolahraga.

Baca juga: Olahraga Setelah Sahur Baik Dilakukan di Bulan Puasa, Ini Kuncinya

"(Selama) Puasa jangan sampai hanya jadi kaum rebahan agar manfaat kesehatannya lebih optimal," katanya saat live Instagram bertajuk "Tetap Fit Saat Puasa, Ini Rahasianya!" bersama Amazfit Indonesia Official, Selasa (19/04/2022).

Tak perlu bingung menentukan kapan waktu berolahraga di bulan puasa. Ada pilihan waktu yang cukup bervariasi, salah satunya adalah setelah makan sahur.

Dokter Andhika mengatakan kita juga bisa berolahraga di waktu setelah sahur ketika tubuh masih memiliki banyak cadangan energi.

"Kalau mau olahraga di jam seperti ini (setelah sahur), tubuh masih berenergi, sebenarnya tidak apa-apa, lompat-lompat juga silahkan," katanya.

Namun ia mengingatkan, ada risiko kelelahan dan dehidrasi apabila kita berolahraga secara berlebihan atau berkeringat terlalu banyak.

Maka disarankan agar kita mengontrol keringat dengan tidak memiliki olahraga intensitas tinggi, durasi yang terlalu lama atau gerakan yang berlebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Pilihan Olahraga Setelah Sahur yang Tak Akan Menguras Tenaga

  1. Lari di treadmill di dalam ruangan
  2. Jalan santai
  3. Sit up dan push up
  4. Bersepeda santai (kecepatan di bawah 5 meter per jam)
  5. Latihan beban ringan
  6. Yoga
  7. Taichi

Ilustrasi manfaat olahraga saat puasa.freepik Ilustrasi manfaat olahraga saat puasa.

Manfaat olahraga setelah sahur

Mengutip Kompas.com (25/5/2018), berikut ini sejumlah manfaat yang didapat dari aktivitas olahraga di atas.

1. Menjadi lebih produktif

Olahraga di pagi hari membantu tubuh melepaskan hormon endorfin. Efeknya tubuh terasa lebih berenergi.

Tak hanya itu, olahraga di pagi hari juga membuat otak lebih jernih dan lebih fokus. Meskipun sedang berpuasa, olahraga pagi yang tepat justru membuat kita lebih produktif.

2. Membuat tidur malam lebih baik

Olahraga pagi hari juga membuat tidur malam lebih baik. Aktivitas di pagi hari membuat tubuh lebih bertenaga di siang hari dan rasa lelahnya biasanya muncul di penghujung hari.

Hal ini membuat waktu tidur lebih teratur, dan kualitas tidur semakin baik. Keesokan harinya kita akan lebih terasa bertenaga kembali karena kualitas tidur yang semakin baik ini.

Baca juga: Jangan Malas! Ini Manfaat Olahraga Saat Puasa

3. Menjaga tekanan darah

Penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan olahraga pagi dibandingkan dengan yang olahraga siang dan malam mengalami penurunan tekanan darah lebih besar dan stabil. Terlebih bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, ini sangat membantu.

4. Metabolisme energi semakin lancar

Bagi yang ingin punya berat badan mendekati ideal saat hari lebaran, melakukan olahraga pagi setelah sahur bisa jadi kuncinya.

Sebab olahraga pagi dapat memicu tubuh untuk membakar kalori. Olahraga pagi akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak pun akan terjadi semakin cepat terjadi.

(Sumber:Kompas.com/Sekar Langit Nariswari | Editor : Sekar Langit Nariswari, Wisnubrata)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com