Indonesia Urutan Kelima dalam Daftar Negara dengan Pengidap Diabetes Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 29/05/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Indonesia berada di posisi kelima dalam daftar negara dengan jumlah pengidap diabetes terbanyak di dunia.

Data tersebut berasal dari laporan International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2021, yang mengurutkan negara-negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia.

Berdasarkan data tersebut, jumlah pengidap diabetes di Indonesia naik hampir dua kali lipat dalam waktu dua tahun.

Pasalnya, jumlah penderita diabetes di Indonesia pada tahun 2019 sebesar 10,7 juta orang, sedangkan pada tahun 2022 mencapai 18 juta orang.

Sejak tahun 2014, diabetes memang selalu masuk dalam tiga besar penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Jenis Buah yang Paling Tidak Sehat, Sebabkan Diabetes hingga GERD

Kondisi tersebut tentu mengkhawatirkan banyak pihak, karena diabetes merupakan penyebab penyakit serius lainnya dan faktor yang dapat meningkatkan risiko morbiditas dan mortalitas pasien.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (10/4/2022), Staff Divisi Endrokin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM- FKUI, dr. Syahidatul Wafa, Sp.PD mengatakan, diabetes adalah ibu atau biang dari segala penyakit.

“Jadi memang benar, fakta kalau diabetes adalah ibu dari segala penyakit,” kata dr. Wafa dalam media briefing virtual Beat Diabetes Online Festival 2022 Tropicana Slim, Kamis (7/4/2022).

Dr. Wafa menjelaskan, diabetes disebut sebagai ibu dari segala penyakit karena bisa memicu atau menyebabkan berbagai komplikasi penyakit serius, baik yang bisa disembuhkan maupun penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi akibat diabetes adalah stroke, gagal ginjal, pembuluh darah pecah ke otak, penyakit kardiovaskular, masalah di gigi dan mulut, dan yang lainnya.

Baca juga: Benarkah Diabetes Bisa Sebabkan Stroke? Simak Penjelasan Dokter

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.