Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Timun bagi Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes

Kompas.com - 16/10/2021, 21:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Timun atau mentimun ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena itu rutin mengkonsumsi timun sangat disarankan.

Timun bisa dikonsumsi dengan beragam cara. Di antaranya dicampurkan dengan menu masakan utama seperti nasi goreng dan pempek atau dinikmati dengan cara dijus. Semuanya tergantung selera masing-masing.

Mengapa timun bisa bermanfaat bagi kesehatan? Hal itu karena timun memiliki jumlah kalori, lemak, kolesterol, dan natrium yang terbilang rendah.

Selain itu timun juga kaya dengan kandungan antioksidan, senyawa bioaktif, serta mikro dan makronutrien berlimpah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat timun bagi kesehatan:

Baca juga: 6 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Kronis

1. Mencegah diabetes

Salah satu manfaat timun adalah bisa mengontrol dan mencegah penyakit diabetes. Hal itu karena timun mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan gula darah agar tidak melonjak tinggi.

Sebagian orang mungkin kurang menyukai timun karena ada rasa pahit di dalamnya. Rasa pahit ini yang dikenal sebagai cucurbitacin. Meski begitu, cucurbitacin ternyata sangat bermanfaat, lho.

Cucurbitacin dalam timun dipercaya mampu membantu mengelola pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati, serta hormon kunci dalam pemrosesan gula darah.

Selain itu, serat dalam mentimun dapat membantu mencegah serta mengelola diabetes tipe 2. Indeks glikemik mentimun pun rendah sehingga aman untuk kadar gula darah.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat timun berikutnya adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskular. The American Heart Association mengatakan bahwa serat dapat membantu mengontrol kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Mentimun yang tidak dikupas yang berukuran 142 gram menyediakan 193 mg potasium dan 17 mg magnesium. Oleh The Dietary Guidlelines, orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 4.700 mg potasium dan 310-410 mg magnesium setiap harinya.

Baca juga: Timun, Tomat, Jagung, Cabai, Labu, Termasuk Buah atau Sayur?

3. Memberikan hidrasi

Timun memiliki kandungan air yang cukup banyak. Selain itu, timun juga mengandung elektrolit penting.

Karena kandungannya inilah, timun dapat membantu mencegah dehidrasi ketika cuaca panas atau setelah olahraga.

Karena termasuk jenis makanan yang paling menghidrasi, timun bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, hingga menghindari batu ginjal.

4. Menjaga kesehatan tulang

Timun merupakan sumber vitamin K yang baik. Asupan vitamin K dalam tubuh bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang serta membantu pembekuan darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com