Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kompas.com - 05/02/2022, 21:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Tingginya kadar kolesterol dalam darah berisiko menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung dan stroke

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil tanpa mengonsumsi obat-obatan, salah satunya dengan menjalani gaya hidup sehat.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, kadar kolesterol dalam tubuh pun dapat terkontrol dengan melakukan olahraga rutin.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (31/1/2022), Ahli Jantung, Leslie Cho mengatakan bahwa olahraga adalah cara paling jitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga: Bukannya Menyehatkan, Ini Dampak Negatif Olahraga Setiap Hari

"Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat untuk hasil yang lebih optimal," ujarnya.

Melakukan olahraga rutin dapat membantu menurunkan atau menghilangkan kolesterol jahat dengan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Menurut American Heart Association, penyebab utama tingginya kadar kolesterol adalah kurang olahraga dan kelebihan berat badan.

American Heart Association merekomendasikan, setidaknya berolahraga selama 30 menit dalam lima sampai tujuh kali per minggu.

4 jenis olahraga untuk dapat menurunkan kolesterol

Berikut ini 4 jenis olahraga yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

Baca juga: 4 Olahraga yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

1. Berjalan, jogging, atau berlari

Studi yang dilakukan pada tahun 2013 membandingkan puluhan ribu pelari dan pejalan kaki dalam jumlah yang sama.

Hasilnya menunjukkan bahwa jalan kaki, lari, atau jogging memiliki manfaat yang sama jika jumlah energi yang dikeluarkan pun sama.

2. Bersepeda

Hasil riset yang diterbitkan Journal of American Heart Association membuktikan bahwa risiko kolesterol tinggi pada orang yang bersepeda secara rutin lebih kecil dibandingkan orang yang tidak bersepeda.

Bersepeda mengeluarkan energi yang sama dengan jogging. Akan tetapi, bersepeda tidak membuat sendi bekerja terlalu keras seperti saat melakukan jogging.

3. Olahraga air

Olahraga air seperti berenang, berjalan di air, dan lainnya, juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, olahraga air disebut memiliki manfaat yang hampir sama dengan melakukan olahraga aerobik.

4. Yoga

Penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh.

(Penulis: Ariska Puspita Anggraini)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com