Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Tanaman Hias, Ini Cara Buat Tanaman Palsu Jadi Dekorasi Ruangan

Kompas.com - 10/04/2022, 19:10 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis


KOMPAS.com - Tanaman palsu merupakan alternatif yang sempurna untuk mempercantik ruangan rumah karena harganya terjangkau, membutuhkan sedikit perawatan, dan tanpa kekacauan.

Hal ini sering dilakukan sebagian orang yang merasa kesulitan merawat tanaman hias untuk dijadikan bagian dekorasi ruangan.

Jika kamu ragu untuk mencoba tanaman palsu sebagai dekorasi ruangan karena penampilannya yang palsu, terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal itu.

Dilansir dari Pink Villa, Sabtu (9/4/2022), berikut ini kunci untuk membuat tanaman palsu terlihat lebih nyata dan membuatnya menjadi dekorasi yang lebih menarik.

Menyesuaikan vas dan wadah

Baca juga: 5 Alasan Harus Membeli Tanaman Palsu untuk Dekorasi Rumah

Vas dan wadah yang kamu gunakan untuk meletakkan tanaman palsu dapat membuat semua perbedaan.

Ini tidak hanya dapat meningkatkan tampilan tanaman hias palsu, tetapi juga dapat menambah keseluruhan interior rumahmu.

Pot cantik, trendi, dan bergaya yang sesuai dengan warna rumahmu adalah sesuatu yang kamu butuhkan.

Jika warna dinding ruangan netral dan terang, kamu dapat memilih vas berwarna gelap seperti rose gold dan coklat.

Sementara itu, jika warna dinding ruangan gelap, kamu dapat menggunakan vas berwarna ringan, seperti putih pudar (off-white) atau emas.

Pilih ukuran wadah sesuai ukuran tanaman. Jika memiliki tanaman dengan daun dan batang besar, kamu juga bisa menggunakan wadah yang besar.

Lokasi adalah segalanya

Tempat yang kamu pilih untuk memajang tanaman palsu sangat penting untuk memberikan tampilan yang lebih realistis. Sudut gelap dan buruk dengan cahaya minimum dapat membuat tanaman palsu terlihat tidak realistis.

Sebaliknya, simpan tanaman palsu milikmu di tempat yang mendapat banyak cahaya alami. Kamu dapat meletakkannya di dekat sofa atau jendela.

Baca juga: Cara Membuat Tanaman Palsu Menjadi Dekorasi yang Menarik

Buat seperti tanaman hidup Cara mudah untuk memberikan tanaman palsu tampilan yang nyata dan menarik adalah dengan membubuhkan komponen asli dan alami pada tanaman tersebut.

Untuk melakukan ini, kamu dapat menambahkan media tanam atau tanah, pasir, batu, untuk menciptakan jejak realisme alami dengan sedikit tekstur organik.

Setiap kali memilih tanaman palsu, pastikan untuk tidak berinvestasi pada tanaman yang sangat mengilap. Sebab, hal itu terlihat sangat tidak realistis dan dapat merusak interior secara keseluruhan.

Selain itu, pilih warna yang lebih natural dan netral agar tampilan tetap elegan.

(Sumber: Kompas.com Penulis Abdul Haris Maulana | Editor Abdul Haris Maulana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com