Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Ramadhan Jatuh Pada 3 April 2022, Ini yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Puasa

Kompas.com - 02/04/2022, 07:35 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022 berdasarkan penetapan sidang isbat oleh Kementerian Agama.

Rapat sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini mufakat setelah tidak melihat hilal pada pantauan di sebagian besar daerah di Indonesia, Jumat (1/4/2022).

"Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. In hasiil sidang isbat yang disepakati bersama," ujar Yaqut.

Kemenag menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Berdasarkan pantauan hilal di 101 titik, Yaqut menjelaskan tidak ada satu pun yang melihat hilal. Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Baca juga: 1 Ramadhan Ditetapkan Hari Minggu, Menag Harap Umat Islam Dapat Jalankan Puasa Bersama

Lalu, untuk menyambut puasa Ramadhan ini, ada beberapa hal yang perlu Kamu persiapkan, berikut ini:

Konsumsi makanan sehat dan kurangi junk food

Cara lain untuk mempersiapkan tubuh menjelang bulan Ramadhan adalah mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti makan junk food.

Hal itu dapat membuat tubuh lebih bugar dan prima untuk bersiap menjalani ibadan puasa selama Ramadhan.

Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, tubuh akan lebih mudah beradaptasi dengan situasi dua kali makan dalam sehari, tepatnya hanya dilakukan saat sahur dan berbuka puasa.

Konsultasi ke dokter

Jika menderita penyakit tertentu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan panduan atau arahan yang tepat untuk menjalani ibadah selama Ramadhan.

Khususnya untuk ibadah puasa, di dalam Islam beberapa orang dengan kondisi seperti lanjut usia, ibu hamil, menyusui, menderita diabetes hingga bepergian dengan jarak yang jauh bisa tak diwajibkan untuk berpuasa.

Terapkan pola hidup sehat

Membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat dapat membuat tubuh cepat beradaptasi saat menjalani ibadah puasa satu bulan penuh.

Salah satunya adalah mengurangi kebiasaan merokok. Jika dilakukan sedari awal dan secara bertahap, mengurangi jumlah rokok dalam sehari mulai dari sekarang bisa membuat kita lebih mudah dalam menjalani ibadah puasa.

Lalu, menyesuaikan waktu tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi juga membantu dalam menghadapi perubahan rutinitas selama Ramadhan.

Persiapan spiritual

Baca juga: Jangan Lewatkan, 5 Persiapan dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan melibatkan banyak refleksi spiritual bagi umat Muslim. Kita dapat mempersiapkan diri secara spiritual, mendekatkan diri kepada Pencipta dengan memperbanyak shalat dan membaca Alquran.

Melakukan beberapa ibadah tambahan seperti bersedekah, memperbanyak doa hingga terus berbuat baik kepada sesama juga dapat menambah esensi "kembali ke suci" selama bulan Ramadhan.

(Sumber: Kompas.com Penulis Mutia Fauzia, Dinno Baskoro | Editor Sabrina Asril, Glori K. Wadrianto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com