Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Asyik Belajar Al Quran bagi Muslim Milenial di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 27/03/2022, 21:04 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan yang akan jatuh pada awal April 2022 tinggal menghitung hari.

Tak sekadar berpuasa menahan haus dan lapar, bulan suci umat Islam ini menjadi momentum bagi kaum muslim untuk meningkatkan ibadah serta menyucikan diri melalui amal dan kebaikan.

Nah, buat umat muslim milenial, bulan suci Ramadhan nanti ada banyak hal positif yang bisa dilakukan, salah satunya belajar mendalami Al Quran.

Mengapa belajar Al Quran itu penting? Nilai-nilai Al Quran bisa menjadi bekal bagi kaum milenial untuk melewati gelombang perubahan di dunia. Al Quran memberikan ketenangan jiwa bagi siapapun yang membacanya sekaligus mendekatkan diri dengan Tuhan.

Ada banyak aplikasi yang menghadirkan belajar Al Quran, salah satunya adalah quranreview.

Aplikasi ini memiliki cara belajar Al Quran yang unik, mengasyikkan, dan tidak membosankan sehingga sangat cocok diterapkan untuk kaum milenial.

Baca juga: Ragam Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Berbagai Daerah di Indonesia

Startup di bidang Al Quran digital ini memberikan edukasi Al Quran melalui media sosial, video, dan pembelajaran online.

“Salah satu edukasi kami tentang Al Quran adalah melalui konten-konten menarik yang kami posting di Instagram. Di situ kami mengaitkan Al Quran dengan sesuatu yang viral atau yang biasa ditemui dalam kehidupan seperti rumah tangga, percintaan, keuangan, hingga film. Dengan cara seperti itu, kaum milenial merasa enjoy dan tertarik untuk belajar Al Quran,” kata Dida Utama, Chief Operating Officer quranreview, dalam siaran pers, Jumat (25/3/2022).

Menyambut Ramadhan, quranreview melengkapi edukasinya terkait Al Quran dengan menghadirkan program Ramadhan Online Camp. Program untuk generasi milenial ini akan berlangsung selama 20 hari pada 2-20 April 2022.

“Sistem pembelajaran di program Ramadhan Online Camp ini dilakukan secara daring. Peserta juga mendapatkan buku baru dari quranreview," kata Dida.

Dida mengatakan, buku baru yang akan diberikan secara gratis ini berjudul 30 Nights Make it Closer.Buku ini, lanjut Dida, sebenarnya baru diluncurkan setelah Lebaran nanti.

"Tetapi kami berikan free bagi para peserta Ramadhan Online Camp. Ini merupakan buku kedua kami setelah buku pertama berjudul ‘30 Days Make It Better’ yang terjual lebih dari 7.000 pcs,” imbuh Dida.

Sebagian kaum milenial mengakui pembelajaran dari quranreview sangat menarik dan menyenangkan. “Belajar tafsir terseru dan terkeren dan cocok untuk milenial. Barakallahu fiikum,” tulis pemilik akun Instagram tintabening_08.

Dengan metode pembelajaran quranreview yang sesuai dengan karakter milenial, Dida berharap ke depan makin banyak anak-anak muda Indonesia yang mau belajar Al Quran. Apalagi belajar Al Quran dipercaya bisa menurunkan depresi dan memberikan ketenangan jiwa.

Baca juga: Memahami Apa Itu Hisab dan Rukyat, Dua Metode untuk Menentukan Awal Ramadhan

Sebagai informasi, quranreview didirikan oleh Ahza pada tahun 2019 di Yogyakarta. Sejak saat itu, Kak Ahza (sapaan akrab oleh para followers atau pengikutnya), founder sekaligus CEO quranreview memfokuskan programnya pada edukasi Al Quran untuk kaum milenial, terutama dalam mendataburi ayat-ayat Al Quran dengan bahasa yang menarik dan mudah dipahami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com