Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Turis Nyalakan Petasan di Pulau Kalong, Habitat Kelelawar Raksasa

Kompas.com - 02/04/2022, 06:10 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan beberapa turis di atas kapal menyalakan petasan di perairan Pulau Kalong, kawasan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, tampak petasan meletus berkali-kali. Peristiwa itu diketahui terjadi pada Kamis (30/3/2022) sore.

Sejumlah orang, termasuk perekam video, berteriak untuk memperingatkan para wisatawan tersebut. Video itu direkam oleh wisatawan yang kebetulan berada di kapal yang berdekatan.

Dalam video yang beredar, tampak petasan meletus berkali-kali dari sebuah kapal.

 "Ini orang yang ada di kapal ini malah nyalain petasan, sedangkan Kalong lagi terbang. Sumpah. Ini gue laporin ke TNK yah," ujar seseorang yang merekam video tersebut.

Baca juga: Viral, Video Wisatawan Nyalakan Petasan di Pulau Kalong Taman Nasional Komodo, Pemkab Akan Panggil Pelaku

Pelaku akan dimintai pertanggungjawaban

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) angkat bicara terkait video yang memperlihatkan wisatawan menyalakan petasan di Pulau Kalong, kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (30/3/2022).

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, menjelaskan bahwa berwisata di kawasan Taman Nasional Komodo itu ada aturannya. Oleh karena itu, guide (pemandu), kapal, dan tamu harus mematuhi aturan tersebut.

Ia melanjutkan, aturan tersebut sudah disampaikan secara resmi melalui media sosial Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) pada Juli dan Desember 2021 lalu.

"Terkait peristiwa ini, kami telah berkoordinasi dengan BTNK, Dispar (Dinas Pariwisata), Syahbandar untuk memanggil dan mengevaluasi pelaku yang bersangkutan," kata Shana saat dihubungi, Jumat.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang juga sangat menyayangkan aksi dari wisatawan itu. Apalagi pihaknya sudah menyampaikan jenis-jenis atraksi yang tidak boleh dilakukan di kawasan Taman Nasional Komodo.

"Terkait ini, kita akan panggil kapten kapal dan guidenya. Kita akan proses sesuai regulasi," tegas Awang saat dihubungi.

Baca juga: Wisatawan Nyalakan Petasan dari Atas Kapal di Taman Nasional Komodo, BTNK Akan Periksa Guide dan Kapten Kapal

Indahnya pulau Kalong yang dilindungi

Terlihat banyak kelelawar terbang ketika matahari tenggelam di Pulau Kolong, Laboan Bajo, NTT. Dok. Humas Kementerian Pariwisata Terlihat banyak kelelawar terbang ketika matahari tenggelam di Pulau Kolong, Laboan Bajo, NTT.

Amarah warganet dan otoritas terkait tak lepas dari keistimewaan pulau yang dilindungi ini.

Mengutip dari Labuanbajoflores.id, Pulau Kalong berada tidak jauh dari Taman Nasional Komodo. Keberadaanya dianggap sebagai salah satu destinasi wisata dengan kekayaan alam terbaik di Labuan Bajo.

Pulau tak berpenghuni ini menjadi salah satu atraksi yang mulai mencuri perhatian wisatawan lantaran memiliki pemandangan matahari terbenam salah satu yang paling indah di Taman Nasional Komodo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com