Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Kompas.com - 26/03/2022, 20:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Manfaat air kelapa telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Air kelapa dipercaya bisa mencegah bahkan mengobati berbagai penyakit.

Air kelapa juga diyakini bisa menghidrasi tubuh dengan baik, sehingga banyak produk minuman kemasan yang menggunakan air kelapa sebagai bahan dasarnya.

Air kelapa pun disebut mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk mineral.

Selain itu, tumbuhan dengan nama latin Cocoa nucifera ini pun sangat mudah ditemui. Para penjual kelapa cukup mudah ditemukan di pinggiran jalan di berbagai daerah di Indonesia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (19/3/2022), berikut ini 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan:

Baca juga: Bisa Turunkan Kolesterol, Simak 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Air kelapa sumber nutrisi yang baik

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, air kelapa terbentuk secara alami dalam buah, mengandung 94 persen air, dan lemak dalam jumlah yang kecil.

Air kelapa yang baik biasanya berasal dari buah berumur sekira 6-7 bulan, meskipun tetap ditemukan di dalam buah yang matang.

Sebagai informasi, buah kelapa membutuhkan waktu selama 10-12 bulan untuk matang sepenuhnya.

Rata-rata kelapa hijau menghasilkan sekira setengah hingga segelas air kelapa, sedangkan santan mengandung sekira 50 persen air dan sangat tinggi lemak.

2. Air kelapa mengandung antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel selama metabolisme. Saat stres atau cedera, produksi radikal bebas pun akan meningkat.

Baca juga: Ternyata Tak Hanya Ditumpuk, Ini 8 Manfaat Koran Bekas di Rumah

Seseorang dapat menjadi stres oksidatif akibat terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh. Kondisi itu bisa merusak sel-sel dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Penelitian pada hewan yang terpapar racun telah menunjukkan, air kelapa mengandung antioksidan yang memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.

Satu studi tentang khasiat air kelapa muda menemukan, tikus dengan kerusakan hati menunjukkan peningkatan kondisi yang signifikan dalam stres oksidatif setelah diberi air kelapa dibandingkan dengan tikus yang tidak menerimanya.

Dalam penelitian lain, tikus yang diet tinggi fruktosa, mengalami penurunan aktivitas radikal bebas, begitu juga dengan tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin, setelah meminum air kelapa.

Meski begitu, belum ada penelitian mengenai manfaat air kelapa dalam mengatasi radikal bebas pada manusia.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih Dalam Menurunkan Berat Badan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com