Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perbedaan Emas Antam dan Emas UBS

Kompas.com - 20/03/2022, 19:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Emas adalah investasi yang banyak diminati masyarakat. Selain mudah didapatkan, investasi emas dianggap menguntungkan karena tahan terhadap inflasi.

Ada beberapa jenis emas yang bisa dijadikan investasi, yakni emas yang telah dibentuk menjadi perhiasan atau emas batangan.

Selain itu, investasi pun bisa berupa emas campuran atau emas murni yang harganya tentu lebih mahal.

Akan tetapi, jika tertarik berinvestasi emas batangan, ada dua merek emas yang banyak tersedia di pasar logam mulia, yakni Antam dan UBS.

Perbedaan emas Antam dan emas UBS

Ada beberapa perbedaan emas Antam dan emas UBS, seperti produsen, ukuran, sertifikat, cara membeli, dimensi, serta harga.

Baca juga: 7 Pulau yang Menyimpan Cadangan Emas Terbesar di Indonesia

Harga 1 gram emas Antam berbeda dengan harga 1 gram emas UBS. Dengan mengetahui perbedaan antara emas Antam dan emas UBS, investasi pun dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (31/1/2022), berikut ini 6 perbedaan emas Antam dan emas UBS:

1. Produsen

Logam mulia Antam atau emas Antam adalah emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. Perusahaan tambang ini sebelumnya adalah BUMN, namun sahamnya kemudian dialihkan pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum (Persero) sebagai anggota holding.

Sementara itu, emas UBS merupakan emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera, perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya. Selain emas batangan, perusahaan ini juga memiliki brand perhiasan, Venus dan Starshine.

2. Ukuran

Produk emas batangan yang dikeluarkan Antam (emas Antam) terdiri dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat mencapai 1.000 gram atau 1 kilogram.

Baca juga: Tanaman Ini Bisa Menghasilkan Emas, Indonesia Berpotensi Besar

Ukuran emas yang diproduksi UBS relatif terbatas. Perusahaan ini hanya merilis emas batangan dengan ukuran 0,1 gram, 0,25 gram, 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

3. Sertifikat

Emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya atau terlaminating dengan beberapa standar keamanan.

Pemilik dapat memeriksa keasliannya dengan memindai QR code yang terdapat di kemasan emas Antam melalui aplikasi certieye yang dapat diunduh di Google Play atau Apps Store.

Emas Antam juga sudah bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) sehingga lebih mudah dijual di luar negeri.

Emas UBS hanya memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Pecahan emas UBS paling kecil sampai 4 gram, sertifikatnya berbentuk kertas dengan emas terlaminasi di dalamnya sehingga menyerupai SIM card.

Baca juga: Perbedaan Chemtrail dengan Contrails

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com