Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Cara Dapatkan STB TV Digital Gratis dari Kominfo

Kompas.com - 19/03/2022, 12:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki program bantuan Set Top Box (STB) TV Digital gratis.

Pembagian STB TV Digital gratis ini berkaitan dengan penghentian siaran analog atau analog switch-off (ASO) di seluruh wilayah Indonesia yang akan dilakukan secara bertahap di tahun 2022 ini.

Sedangkan untuk pembagian STB gratis, akan dilakukan dalam tiga tahap. Program pemberian STB gratis pada tahap pertama ini akan berlangsung sampai 30 April 2022.

Baca juga: Kominfo Mulai Bagikan STB TV Digital Gratis, Ini Cara Mendapatkannya

"Pembagian STB dibagi dalam tiga tahapan ASO, yang pertama sebelum 30 April, 25 Agustus, dan 2 November 2022," ujar Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo, Marvels Situmorang, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/3/2022).

Diketahui, STB yang dibagikan sebanyak 3.202.470 unit untuk seluruh Indonesia oleh lembaga penyiaran swasta. Secara keseluruhan, selama tahapan penghentian siaran analog (ASO) akan dibagikan 6,7 juta unit STB.

Namun, untuk mendapatkan bantuan STB gratis dari pemerintah, terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Apa itu?

Syarat mendapat STB gratis

Berikut syarat dan ketentuan untuk mendapatkan STB TV Digital gratis dari pemerintah, yakni:

  1. Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
  2. Memiliki perangkat TV analog.
  3. Memiliki KTP elektronik.
  4. Tinggal di wilayah yang terdampak penghentian siaran TV analog (ASO) Tahap 1.

Baca juga: Daftar 116 Kabupaten/Kota yang Kebagian STB TV Digital Gratis pada Tahap I

Ilustrasi migrasi dari TV analog ke TV digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan perangkat set top box atau STB TV digital kepada 6,7 juta keluarga miskin secara cuma-cuma.freepik.com Ilustrasi migrasi dari TV analog ke TV digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan perangkat set top box atau STB TV digital kepada 6,7 juta keluarga miskin secara cuma-cuma.

Mekanisme pembagian STB TV digital gratis

Apabila Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, program bantuan STV TV Digital gratis akan diberikan melalui alur berikut ini:

  1. Calon penerima bantuan akan mendapat undangan dari kelurahan/desa setempat.
  2. Undangan ini berfungsi sebagai tiket untuk dapat mengambil STB gratis.
  3. Ambil STB gratis di Kantor Pos terdekat.

Cara daftar DTKS untuk dapat STB gratis

Sebagian mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya mendaftarkan DTKS untuk jadi penerima bantuan STB gratis. Sebab, mereka yang bisa menerima bantuan STB gratis dari Kominfo, harus sudah terlebih dahulu masuk dalam daftar DTKS Kemensos.

Berikut ini adalah cara daftar DTKS untuk dapat STB TV Digital gratis:

  1. Harus masuk dalam DTKS Kemensos, minimal dalam satu keluarga tersebut memiliki satu unit TV analog. Bagi yang berminat mendapatkan STB gratis, bisa menyiapkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK e-KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  2. Mendaftar bansos secara online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dulu di aplikasi PlayStore.
  3. Pada aplikasi Cek Bansos, Anda dapat memilih menu daftar usulan.
  4. Pada menu usulan, Anda dapat mendaftarkan diri bagi nama yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos. Pada menu daftar usulan, klik "Tambah Usulan".
  5. Lakukan pengecekan dengan NIK KTP dan KK Anda, sistem akan memvalidasi serta mencocokkan data Anda apakah sudah sesuai atau belum.
  6. Jika sudah tervalidasi, Anda dapat memilih jenis bansos yang akan diajukan.
  7. Pilih pemberian alat STB gratis.

Baca juga: Daftar 23 STB untuk Siaran TV Digital yang Mendapat Sertifikasi Kominfo

Ilustrasi tv analog dan tv digitalShutterstock Ilustrasi tv analog dan tv digital

Distribusi STB TV digital gratis ke masyarakat

Dikutip dari Kompas.com, (23/2/2022), untuk pendistribusian STB gratis ke masyarakat, pemerintah bekerja sama dengan pihak ketiga yang bertanggung jawab secara kontraktual dalam proses sekaligus validasi.

Saat petugas mendistribusikan STB, petugas akan melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan berdasarkan KTP, KK dan kepemilikan TV. Jika data tidak sesuai, maka STB akan dikembalikan ke gudang.

Tahap selanjutnya adalah serah terima STB sekaligus memasang perangkat sampai berfungsi dengan baik. Saat STB terinstal, akan muncul kode batang (QR code) pada layar televisi.

Petugas lalu memindai QR code tersebut melalui aplikasi WhatsApp dan menginput nama, NIK/KK, alamat, serta memfoto penerima bantuan dan KTP. Seperti diketahui, tahap pertama pembagian STB ini untuk 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota.

(Sumber:Kompas.com/Retia Kartika Dewi | Editor: Rendika Ferri Kurniawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com