Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunikan Mi Panjang Umur yang Hanya Dinikmati 5 Kali dalam Setahun

Kompas.com - 22/02/2022, 11:30 WIB
Kompasianer Jeniffer Gracellia,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Sumber Kompasiana

KOMPAS.com - Jika membahas tentang mi, ada sebuah hidangan unik yang dikenal dengan Mi Panjang Umur atau Long Life Noodle.

Sekarang mungkin mudah menemukan mi panjang umur di restoran yang menyediakan chinese food.

Keunikannya adalah hidangan ini dalam tradisi keluarga Tionghoa jarang dinikmati setiap hari, melainkan lima kali dalam setahun. Jadi ketika menikmati hidangan ini pada hari biasa, itu menjadi hal yang aneh.

Hidangan yang mudah dimasak dengan bahan yang sederhana ini memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa.

Baca juga: Resep Mi Panjang Umur Khas Imlek, Jangan Terputus Saat Dimasak

Asal mula mi panjang umur

Tradisi mi panjang umur dipercayai berasal dari pemerintahan Dinasti Han yang memerintah dari tahun 202 Sebelum Masehi hingga 9 Masehi. Cerita yang menjadi latar belakang lahirnya tradisi ini pun cukup lucu.

Sebuah cerita menceritakan bagaimana Kaisar Wu yang memimpin Dinasti Han saat itu sedang berdiskusi dengan para menterinya mengenai philtrum.

Mereka membahas bagaimana philtrum yang berada di tengah-tengah hidung dan mulut itu memiliki arti, dimana 1 cm dari jarak tersebut mengartikan hidup 100 tahun.

Kaisar Wu kemudian ditertawai oleh menterinya yang bernama Dong Fangshou. Menteri Dong tertawa karena membayangkan betapa panjangnya wajah Peng Zu jika apa bahasan mengenai philtrum tersebut benar.

Peng Zu sendiri adalah seorang pria yang terkenal yang dipercayai sebagai legenda umur panjang, dimana dipercaya hidup selama 833 tahun.

Jika menggunakan pendapat Kaisar Wu, tentu wajah Peng Zu sangatlah panjang. Oleh karena itu pendapat Kaisar Wu pun ditolak mentah-mentah dan ditertawai oleh menteri-menterinya.

Walaupun ditertawai, sepertinya pendapat Kaisar Wu justru menjadi tradisi yang dipercayai hingga sekarang. ? (miàn) yang diartikan sebagai wajah, juga dapat diartikan sebagai mi.

Kepercayaan Kaisar Wu adalah wajah yang panjang berarti umur yang panjang juga dapat diartikan menjadi mi yang panjang berarti umur yang panjang.

Selain asal usulnya yang tercatat ketika masa Dinasti Han, penemuan mengenai populernya mi panjang umur juga dicatat ketika masa Dinasti Tang yang menguasai tanah Tiongkok dari tahun 618 hingga 907.

Hal ini diakui dengan penemuan sebuah kutipan puisi karya Liu Yuxi, seorang penulis puisi terkenal dari Dinasti Tang.

"Memegang mi dengan sumpit sambil menyebutkan doa-doa untuk lahirnya masa depan yang lebih cerah", dikutip dari puisi Liu Yuxi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com