Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Daftar Vaksinasi Booster via Aplikasi Pedulilindungi

Kompas.com - 11/02/2022, 05:54 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Cara mudah mendaftar vaksinasi via aplikasi Pedulilindungi.id bisa disimak di artikel ini bagi Anda yang ingin mendapat vaksin dosis ketiga dan memenuhi syarat. 

Sejak Rabu (12/1/2022) lalu, pemerintah memberikan program vaksinasi atau booster vaksin Covid-19 dosis ketiga secara gratis kepada masyarakat umum.

Bagi yang memenuhi kriteria dapat mendaftar imunisasi booster melalui aplikasi PeduliLindung atau langsung ke lokasi vaksinasi.

Menurut portal kemkes.go.id, sasaran pertama program vaksinasi booster adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas, dengan kelompok prioritas terdiri dari lansia dan pasien immunocompromised.

Selanjutnya, calon pasien vaksin booster harus mendapatkan vaksinasi primer lengkap setidaknya enam bulan sebelum menerima vaksin booster.

Baca juga: Cara Daftar Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

 

Vaksin booster adalah imunisasi Covid-19 yang diberikan setelah seseorang menerima vaksinasi primer dosis lengkap, dengan tujuan untuk menjaga kekebalan dan memperpanjang waktu perlindungan.

Program vaksin booster untuk lansia dapat dilaksanakan di semua kabupaten/kota secara bersamaan.

Sedangkan target non lansia terpenuhi di kabupaten/kota yang telah mencapai total cakupan dosis 1 minimal 70 persen dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60 persen.

Lalu bagaimana cara orang yang memenuhi syarat mendaftar vaksin booster? Ada banyak cara daftar imunisasi booster yang bisa menjadi pilihan.

Opsi pertama adalah menggunakan Tiket Vaksin melalui aplikasi PeduliLindung. Kedua, pergi ke lokasi vaksinasi dan mendaftar di sana.

Cara daftar vaksin booster via Aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Login dengan akun yang sudah dimiliki
  • Klik "Profil" Pilih "Riwayat dan Tiket Vaksin"
  • Tiket vaksin ketiga akan muncul

Cara daftar vaksin booster via laman PeduliLindungi

  • Buka browser dan masuk ke laman PeduliLindungi.id
  • Masukkan nama lengkap beserta NIK
  • Klik periksa
  • Pada halaman selanjutnya akan tampil tiket vaksinasi dan status

Cara daftar vaksinasi booster langsung di lokasi

Anda bisa mendatangi fasilitas kesehatan setempat atau lokasi vaksinasi jika Anda termasuk kategori prioritas penerima vaksin booster (lansia dan individu rentan) tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindung.

Cukup dengan memberikan KTP serta konfirmasi dosis imunisasi 1 dan 2.

Kemudian saat mendaftar imunisasi booster pastikan tidak menggunakan NIK atau nomor ponsel orang lain. Hal ini untuk mencegah masalah administrasi di masa depan.

Fasilitas kesehatan milik pemerintah, seperti puskesmas, rumah sakit pemerintah (RS), atau rumah sakit pemerintah daerah, menyediakan vaksinasi booster gratis.

Jenis vaksin ketiga yang akan diberikan dipilih oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi pada dosis pertama dan kedua yang diterima, serta ketersediaan vaksin di tempat pelayanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com