Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Batang Pisang Jadi Pupuk Organik, Ini Caranya

Kompas.com - 30/01/2022, 18:10 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis


KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki kebun pisang atau sekadar beberapa buah pohon pisang di rumah, jangan sia-siakan batang pohon pisang jika sudah memanen hasil buahnya.

Pada umumnya, banyak orang akan meninggalkan pohon pisang di halaman rumahnya sampai busuk atau mati sendiri, setelah berhasil memanen buahnya.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengolah batang pohon pisang menjadi produk yang berguna dan berarti untuk tanaman Anda yang lainnya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian, Rabu (26/1/2022), batang pohon pisang sebenarnya bisa diolah menjadi pupuk organik dan dicampur dengan bahan-bahan lain untuk menyediakan unsur hara makro bagi tanaman, yaitu NPK.

Berikut bahan dan cara membuat pupuk dari bahan baku batang pohon pisang.

Adapun bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan pupuk organik cair dari batang pisang adalah sebagai berikut.

Baca juga: Mudah, Cara Membuat Pupuk Organik dari Batang Pisang

  • 1 buah batang pisang
  • 1 buah bonggol pisang
  • Air kelapa dari 1 hingga 2 buah kelapa
  • Sabut kelapa secukupnya
  • 20 liter air
  • Drum atau wadah
  • Parang
  • Karung goni

Cara membuat pupuk organik dari batang pisang

  1. Pertama, iris dan potong-potong batang pisang dan bonggol pisang menjadi potongan kecil. Campurkan kedua bahan ini menjadi satu.
  2. Kemudian, siapkan air sebanyak 20 liter di dalam wadah. Setelah itu, cacak sabut kelapa menjadi bagian kecil.
  3. Masukkan air kelapa ke dalam wadah. Juga, masukkan potongan bonggol dan batang pisang yang sudah diiris serta sabut kelapa yang sudah dicacak ke dalam karung goni.
  4. Setelah itu, masukkan karung yang sudah diisi batang pisang, bonggol pisang, dan sabut kelapa ke dalam wadah yang sudah diisi air kelapa dan air.
  5. Berikutnya, tutup wadah rapat dan letakkan di tempat teduh. Di dalam wadah akan terjadi fermentasi untuk mengeluarkan nitrogen dari batang pisang.
  6. Setelah kurang lebih tiga minggu, keluarkan karung dan air di dalam wadah atau drum. Gunakan air untuk diaplikasikan secara langsung atau disemprotkan pada tanaman.
  7. Bahan-bahan seperti batang pisang, bonggol pisang, dan sabut kelapa di dalam karung dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik padat.

(Sumber : Kompas.com Penulis/Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com