Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Khasiat Tanaman Pare, Walau Pahit Namun Bantu Tingkatkan Kesehatan

Kompas.com - 30/01/2022, 17:37 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Pare atau Momordica charantia adalah tanaman rambat yang tergolong populer dan jadi bagian dari khasanah kuliner masyarakat Indonesia.

Tanaman buah berwarna hijau ini mempunyai karakteristik kulit berkerut dan bergelombang ini.

Walaupun identik dengan rasa pahit, tak sedikit orang yang suka mengkonsumsinya dalam bentuk tumis menemani lauk-pauk sehari-hari.

Di balik rasanya yang pahit, pare mempunyai sejumlah manfaat kesehatan.

Melansir WebMD, pare kaya akan antioksidan, flavonoid, dan senyawa polifenol lainnya, yang dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan.

Pare mentah mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, besi, riboflavin, niasin, asam folat, kalium, seng, fosfor, tiamin, dan magnesium.

Berikut beberapa manfaat pare bagi kesehatan:

Baca juga: 6 Trik Mengolah Pare agar Hilang Rasa Pahitnya

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan plak lemak menumpuk di arteri, memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian pada hewan menemukan, pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Sebuah studi pada tikus dengan diet tinggi kolesterol mengamati pemberian ekstrak pare menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol total, kolesterol LDL jahat, dan trigliserida.

Studi lain mencatat, memberi tikus ekstrak pare secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dibandingkan plasebo. Adapun dosis pare yang lebih tinggi menunjukkan penurunan yang paling besar.

Namun, penelitian tersebut masih terbatas dan diperlukan studi tambahan untuk menentukan efek yang sama berlaku pada manusia.

Baca juga: 6 Jenis Makanan Untuk Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

2. Melawan peradangan

Pare mengandung polifenol, senyawa yang dikenal mampu menurunkan peradangan dalam tubuh. Semakin banyak, maka semakin besar efek anti-inflamasinya.

3. Membantu atasi diabetes

Pare mengandung senyawa bioaktif yang disebut saponin dan terpenoid.

Kedua senyawa tersebut bertanggung jawab atas rasa pahit, tapi berperan dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com