Harga Telur Naik Tajam, Harga Pakan Ayam Tinggi Disebut Jadi Penyebab

Kompas.com - 26/12/2021, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Menjelang pergantian tahun, harga telur ayam ras di pasaran meningkat tajam. Bahkan, dilihat dari data Info Pangan Jakarta, per 25 Desember 2021 harga rata-rata telur ayam ras mencapai Rp 30.119 per kilogram.

Sementara, dikutip dari berita Kompas.com Sabtu (25/12/2021), harga telur ayam ras di pasaran di wilayah Jabodetabek berkisar Rp 31.000-Rp 35.000 per kilogramnya. Bahkan, di beberapa pasar, harga telur ayam ras ada yang mencapai angka Rp 40.000 per kilogramnya.

Padahal di saat kondisi normal, harga telur ayam ras hanya berkisar Rp 22.000-Rp 26.000. Kenaikan harga telur ayam yang meningkat tajam ini tentu menimbulkan pertanyaan, apa yang menjadi penyebabnya?

Baca juga: Tembus Rp 30.000 Per Kilogram, Ini Penyebab Harga Telur Naik Ekstrem

Penyebab harga telur naik tajam

Merespons kenaikan tajam harga telur ayam ras di pasaran, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, terdapat sejumlah penyebab harga telur naik ekstrem.

Di antaranya, adalah karena adanya perubahan harga pakan ayam. “Penyebabnya adalah harga pakan yang tinggi,” ujar Nurwan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/12/2021).

Di samping itu, menurutnya permintaan pasar juga menguat karena adanya momen menjelang Natal dan Tahun Baru.

Nurwan menuturkan, selama empat bulan terakhir ini, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah sangat berpengaruh pada penurunan harga telur.

Baca juga: Harga Meroket saat Nataru: Minyak Goreng, Cabai, dan Telur

Pasalnya selama PPKM, hotel, restoran, kafe ditutup, sehingga peternak hanya mengandalkan daya beli masyarakat yang juga sedang turun. Adanya momen Natal dan Tahun Baru saat ini menurutnya menjadi momen yang pas untuk kenaikan harga.

“Ini momentum yang pas bagi peternak setelah sejak Juli harga jatuh,” katanya lagi.

Tak hanya telur, harga cabai dan ayam juga ikut naik

Di masa libur Natal dan Tahun Baru memang kerap terjadi kenaikan harga-harga komoditas pangan. Selain telur, komoditas pangan lainnya yang harganya ikut naik adalah cabai, bawang, hingga ayam.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.