Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Paling Kaya, Pemilik Alfamart VS Indomaret?

Kompas.com - 18/12/2021, 21:35 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal dua perusahaan gerai retail yang paling terkenal di tengah masyarakat, Alfamart dan Indomaret.

Bahkan tidak jarang kedua gerai tersebut dibuka secara berdekatan dan bersebelahan.

Dari kedua gerai itu, tahukah Anda siapa pemiliknya yang paling kaya?

Baik Indomaret maupun Alfamart telah memiliki belasan ribu gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Keduanya saling berkompetisi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dengan menjual produk lengkap hingga berikan banyak promosi menarik.

Dengan gerai sebanyak itu, tentu pemilik kedua bisnis tersebut memiliki total kekayaan yang tidak main-main. Berikut ini penjelasan siapa pemilik yang paling kaya, Alfamart atau Indomaret.

Pemilik Indomaret: Anthoni Salim

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret merupakan salah satu anak usaha Salim Group yang didirikan oleh Sudono Salim. Kini perusahaan tersebut dimiliki oleh anaknya bernama Anthony Salim salah satu orang terkaya di dunia 2021.

Mengutip Majalah Forbes, Anthony Salim memiliki total kekayaan 8,5 miliar dollar AS. Dia didapuk menjadi orang terkaya di Indonesia ke-3 tahun 2021 versi Majalah Forbes.

Salim Group sempat mengalami kegagalan saat krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998, sehingga harus melepaskan Bank BCA ke Hartono Bersaudara dan beberapa perusahaan lainnya.

Baca juga: Pemilik Indomaret Vs Alfamart, Siapa Paling Kaya?

Namun Anthoni Salim berhasil membangun kembali bisnisnya. Anthoni Salim mengepalai Grup Salim, dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi.

Selain itu, dia juga merambah waralaba restoran cepat saji KFC, jaringan minimarket Indomaret, Sari Roti, Bogasari, hingga perkebunan kelapa sawit.

Pemilik Alfamart: Djoko Susanto

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart merupakan anak usaha dari Sigmantara Alfindo. Alfamart didirikan oleh Djoko Susanto pada tahun 1999.

Saat ini Alfamart memiliki lebih dari 18.000 gerai di seluruh Indonesia.

Djoko Susanto memiliki kekayaan sebanyak 1,9 miliar dollar AS. Djoko Susanto menjadi orang terkaya di Indonesia ke-22 dan orang terkaya di dunia 2021 ke-1833 versi Majalah Forbes.

Divisi propertinya Alfaland mengoperasikan Omega Hotel Management di seluruh Indonesia.

Anak keenam dari 10 bersaudara ini mulai mengelola warung makan sederhana milik orang tuanya di sebuah pasar tradisional di Jakarta pada usia 17 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com