Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi, Bisa Mencapai 9 Miliar per Bulan

Kompas.com - 18/12/2021, 20:06 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi Youtuber kini bisa menjadi pekerjaan yang menjadi menjanjikan. Tak heran generasi muda sekarang banyak yang menaruh minat tinggi pada profesi Youtuber.

Kendati demikian, penghasilan besar bukan satu-satunya faktor orang tertarik menjadi Youtuber. Ada juga mereka yang aktif dan memiliki channel Youtube sendiri untuk sekadar menyalurkan hobinya.

Berbicara penghasilan Youtuber, terutama Youtuber Indonesia, jumlahnya tidaklah main-main. Tak heran kini banyak selebriti atau influencer tanah air yang memiliki channel Youtube-nya sendiri.

Meski tidak terukur secara pasti, penghasilan Youtuber dapat dihitung dengan melihat jumlah subscriber dan viewer (penonton) yang terdapat pada channel-nya. Semakin banyak subscriber dan viewer suatu channel, artinya semakin banyak pula iklan yang masuk.

Iklan yang masuk inilah yang kemudian bisa menghasilkan keuntungan bagi para Youtuber.

Lalu siapakah Youtuber Indonesia dengan penghasilan terbesar? Dilansir dari berita Kompas.com (17/12/2021), berikut ini 10 Youtuber terkaya di Indonesia yang berpenghasilan tinggi dari channel Youtube-nya berdasarkan data dari Social Blade:

Baca juga: 10 Gaji Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi

1. Ria Ricis

Ria Ricis membagikan sisa suvenir logam mulia acara pernikahannya.DOK. Bidik layar YouTube/Ricis Official Ria Ricis membagikan sisa suvenir logam mulia acara pernikahannya.

Channel Youtube Ria Ricis merupakan channel Youtube dengan subscriber terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 28,7 juta subscriber. Sedangkan total video yang ditonton mencapai 4,48 miliar kali.

Melihat data-data tersebut, penghasilan Ria Ricis dari Youtube diperkirakan bisa mencapai sekitar 40.000 hingga 639.900 dollar AS per bulannya atau setara Rp 574 juta hingga Rp 9,18 miliar.

Sementara dalam setahun, adik dari Aktris Oki Setiana Dewi ini, bisa mengantongi gaji Youtuber sekitar 479.000 hingga 7,7 juta dollar AS setara Rp 6,87 miliar hingga Rp 110 miliar.

Ria Ricis banyak menampilkan kesehariannya dalam konten-konten Youtubenya. Salah satu yang membuatnya menjadi terkenal adalah konten mainan squishy.

Baca juga: Cek Berapa Gaji Youtuber, Ini Cara Perhitungannya

2. Atta Halilintar

Atta Halilintar dan Aurel HermansyahTangkapan layar YouTube TS Media Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Selanjutnya ada Atta Halilintar. Atta Halilintar juga merupakan Youtuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia, yakni 28,4 juta subscriber. Total video ditonton di Channel Atta Halilintar mencapai 3,59 miliar kali.

Dengan jumlah subscriber tersebut, Atta Halilintar penghasilannya sebagai Youtuber diperkirakan sekitar 18.900 hingga 302.400 dollar AS per bulannya atau setara Rp 271 juta hingga Rp 4,34 miliar.

Tak hanya dari Youtube, suami dari artis Aurel Hermansyah ini kini juga mulai memperluas jaringan bisnisnya. Mulai dari clothing, kuliner, hingga memiliki klub sepakbola di liga Indonesia, yakni AHHA PS Pati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com