Mengapa Kucing Tidur Terus? Ini 3 Penjelasan Ilmiah di Baliknya

Kompas.com - 05/12/2021, 20:59 WIB
Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya kenapa kucing tidur melingkar. Ternyata, pada dasarnya setiap posisi tidur punya makna tersendiri, termasuk kenapa kucing tidur melingkar. PEXELS/MIKESebagian dari kita mungkin bertanya-tanya kenapa kucing tidur melingkar. Ternyata, pada dasarnya setiap posisi tidur punya makna tersendiri, termasuk kenapa kucing tidur melingkar.

KOMPAS.com - Anda mungkin terheran-heran mengapa kucing tidur lama sekali. Ternyata ada fakta ilmiah di balik hobi kucing tidur.

Selain makan, memenuhi kebutuhan fisiologis, menghidrasi diri, dan bermain, kucing memang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

Tidak peduli tempat, waktu, atau musim dalam setahun, tak peduli hujan atau tidak, dalam kondisi panas, dingin, lapar atau bosan, kucing selalu senang berbaring, tidur sebentar, atau tertidur lelap.

 

Banyak pemilik kucing pertama kali pergi ke dokter hewan dan khawatir karena kucing mereka menghabiskan hari-hari mereka dengan tidur.

Dilansir dari My Animals, Minggu (21/11/2021), beberapa ahli mengatakan bahwa kucing tidur adalah salah satu karakteristik khas dari hewan satu ini.

Berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan Nafsu Makan Kucing Peliharaan Anda

1. Kebiasaan tidur setelah kenyang

Berkat keterampilan berburu kucing yang luar biasa, berburu bagi mereka tidak memakan waktu lama. Sebab keterampilan ini membuat mereka bisa mendapatkan semua makanan yang dibutuhkan.

Setelah rasa lapar mereka terpuaskan, mereka dapat bersantai untuk waktu yang lama sebelum perlu berburu lagi. Mereka menggunakan waktu luang itu untuk tidur.

Ini adalah fenomena eksklusif untuk spesies ini, karena spesies lain lebih sulit menangkap mangsa.

Ketika kucing masih kecil, mereka lucu dan sangat mengantuk. Ketika mereka lebih tua, mereka hiperaktif. Selama hari-hari pertama kehidupan, kucing tidur rata-rata 20 jam sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.