Terjadi Erupsi, Ini Cara Resechedule Pendakian Gunung Semeru

Kompas.com - 04/12/2021, 18:30 WIB
Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi. Gunung Semeru meletus pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang. TWITTERGunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi. Gunung Semeru meletus pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang.


KOMPAS.com - Saat ini sedang terjadi erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) sore ini.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, tanda-tanda Gunung Semeru meningkat aktivitasnya telah terlihat sejak Sabtu (4/12/2021) dini hari.

Menurut Thoriq, sejak pukul 00.00 WIB dan pukul 01.00 WIB lava pijar telah dilaporkan terjadi di Gunung Semeru.

"Kalau berkenaan dengan lava pijar mulai sejak semalam 24.00 WIB (00.00 WIB), jam 01.00 WIB sudah mulai intensitasnya sering ya," ujar Thoriq dalam wawancara melalui sambungan telepon dengan KompasTV, Sabtu sore.

Dia menuturkan, erupsi-erupsi kecil sebenarnya sering terjadi di Semeru. Hal itu disebabkan Gunung Semeru merupakan gunung api aktif.

Akan tetapi, kejadian erupsi kecil disebutkannya telah terjadi sejak Jumat (3/12/2021)hingga Sabtu sore ini.

Baca juga: Fakta Erupsi Gunung Semeru, Desember 2020 Meletus dan Catatan Selama 30 Tahun Terakhir

"Tapi tadi malam hingga sore tadi erupsi-erupsi kecil sering terjadi. Tetapi, hingga tadi pagi kita lakukan pemantauan tadi aman-aman saja," ungkapnya.

"Tetapi begitu terjadi hujan yang dimulai siang tadi hingga sore ini kemudian secara tiba-tiba ada awan turun dari Semeru. Hingga saat ini kondisinya gelap di beberapa kecamatan," tambahnya.

Reschedule pendakian Gunung Semeru bagi yang gagal berangkat

Menurut situs resmi TN Bromo Tengger Semeru, rescheduling pendakian hanya khusus mereka yang gagal mendaki pada tahun 2019 dan 2020.

Itu karena pendakian Gunung Semeru ditutup, salah satunya akibat aktivitas vulkanik yang meningkat.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.